Pengertian dan Macam-macam Motif Ekonomi

Pengertian dan Macam-macam Motif Ekonomi - echotuts
Pengertian Motif Ekonomi
Motif Ekonomi adalah dorongan untuk melakukan tindakana ekonomi dalam rangka mencapai kemakmuran. Dengan motif ekonomi orang melakukan kegiatan ekonomi, misalnya memproduksi suatu barang atau menjalankan sebuah perusahaan. Akan tetapiyang jelas motif ekonomi mula-mula adalah dorongan untuk hasrat diri terpenuhi barulah muncul kehendak menyejahterakan pihak lain ataupun tetap ada hubungan dengan yang termotivasi. Motif dapat disamakan pengertianya dengan alasan atau dorongan. Motif atau dorongan dalam banyak hal tergantung dari beberapa faktor. Ada faktor dari dalam dan ada faktor dari luar. Faktor dari dalam tergantung dari kepribadian seseorang. Ada orang yang motivasinya tinggi untuk

Baca juga : Pengertian Prinsip Ekonomi dan Politik Ekonomi

melakukan sesuatu, tidak cepat merasa puas dan selalu ingin menemukan hal-hal baru dan berani ambil resiko. Tipe manusia seperti itu adalah tipe manusia wirausahawan sebaliknya, ada orang motivasinya lemah untuk berbuat sesuatu, kurang mau bisnis, bersifat statis, suka menerima penghasilan tetap dan cepat merasa puas menerima keadaan. Sementara itu, faktor pendorong dari luar muncul dan lungkungan sekitar infividu, seperti keluarga, teman, suami/istri, atau relasi. Misalnya dorongan dari keluarga yang menyarankan seseorang untuk mencari pekerjaan yang layak atau membuka usaha yang lain untuk meningkatkan taraf hidup.

Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Sistem Ekonomi

Macam-macam Motif Ekonomi
Motif Ekonomi Individual
Motif ekonimi individual atau perorangan adalah ingin meningkatkan taraf hidup. Jika selama ini misalnya makan dengan menu tahu dab tempe, sekarang setelah bekerja ingin makan dengan daging, buah-buahan dan makanan mewah lainya. Walaupun orang tersebut sudah makmur tetapi tetap saja dia ingin membuka usaha baru. Membuka usaha baru motifnya adalah perluasan usaha. Orang yang sudah maju perusahaanya, sudah luas kegiatanya, tetapi ia tetap memperluas usahanya. Memperluas usaha motifnya membuka usaha untuk menolong orang lain maka inilah motif yang paling tinggi atau dibilang paling mulia.

Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Pelaku Ekonomi

Motif Ekonomi Perusahaan
  • Motif mencari keuntungan : adalah dalam rangka mencari keuntungan. Dengan kata lain, perusahaan selalu berorientasi pada keuntungan. Keuntungan inilah yang menjadi motor penggerak dalam menjalankan usaha.
  • Motif Memproduksi Barang dengan harga murah: adalah rangka memenangkan persaingan, perusahaan memiliki motif untuk memproduksi barang harga murah tetapi tetap mempunyai mutu yang tinggi.
  • Motif Menjaga Kontinuitas Perusahaan adalah Perusahaan yang didirikan dalam waktu yang tidak terbatas, tetapi perusahaan tetap ada jika kesinambungannya dijaga yaitu tetap memiliki laba. Dengan demikian, pihak-pihak yang ada di perusahaan tetap ada di perusahaan tetap dapat melaksanakan aktivitasnya.

Cukup sekian dari echotuts semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.
Previous
Next Post »