Pengertian dan Faktor-faktor Produksi

Pengertian dan Faktor-faktor Produksi - echotuts

Pengertian Produksi
Produksi adalah kegiatan menambah Faedah (Kegunaan) suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Kegiatan menambah faedah suatu benda dengan mengubah sifat dan bentuknya dinamakan produksi barang. Sedangkan kegiatan menambah faedah suatu benda tanpa mengubahnya bentuknya dinamakan produksi jasa.

Baca juga : Pengertian Tujuan dan Macam-macam Produksi


Faktor-faktor Produksi
Faktor Produksi Alam (Nature Resources)
Faktor produksi alam (Nature Resources) adalah semua kekayaan yang terdapat di alam semesta yang ddapat digunakan dalam proses produksi. Faktor produksi ini merupakan pemberian tuhan yang sudah ada sejak beribu-beribu tahun lalu. Oleh karenanya, faktor produksi alam sering pula disebut sebagai faktor produksi asli, apa saja tenis faktor produksi asli ? Faktor produksi asli di antaranya terdiri atas tanah, air, sinar matahari, udara dan barang-barang tambang.

Baca juga : Macam-macam Proses Produksi

Faktor Produksi Tenaga Kerja (Labor)
Faktor produksi tenaga kerja (labor) adalah faktor produksi yang tidak. Kalah pentingnya dibandingkan dengan faktor produksi lain. Tenaga kerja adalah faktor produksi insane yang secara langsung maupun tidak langsung menjalankan kegiatan produksi. Faktor produksi tenaga kerja juga dikategorikan sebagai faktor faktor produksi asli. Walaupun mesin-mesin telah banyak menggantikan manusia sebagai pelaksanaan Proses Produksi namun keberadaan manusia mutlak diperlukan.

Faktor Produksi Modal (Capital)
DiDi samping faktro produksi alam dan tenaga kerja diatas proses produksi pun memerlukan faktor produksi lain berupa peralatan. Proses produksi juga memerlukan mesin-mesin, alat pengangkutan, sarana pengangkutan atau bangunan. Berbagai hal ini tergolong ke dalam faktor produksi modal. Modal (Capital) umunya meliputi benda-benda hasil produksi yang digunakan untuk proses produksi barang-barang dan jasa-jasa lain. Fungsi faktor produksi modal adalah menambah kemampuan dalam memproduksi.

Baca juga : Faktor Kelangkaan Ketersediaan Barang dan Jasa

Faktor Produksi Keahlian (Skill)
Faktor produksi terakhir yang tidak kalah penting adalah keahlian (skill) atau faktor produksi kewirausahaan. Sebanyak dan sebagus apapun faktor produksi alam, tenaga kerja dan modal yang dipergunakan dalam proses produksi. Jika dikelola dengan tidak baik hasilnya tidak akan maksimal. Sebagai contoh, petani pertama memiliki 1 hektar lahan pertanian, 5 pekerja dan 1 traktor. Petani kedua memiliki 2 hektar lahan pertanian, 10 pekerja dan 2 traktor. Mungkinkah hasil tanaman yang diperoleh petani pertama lebih besar dibandingkan dengan petani kedua ? hal itu mungkin saja, jika petani pertama memiliki keahlian lebih tinggi dari pada petani kedua dalam teknik pembibitan, pengairan, pemupukan dan pemeliharaan tanaman.

Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Sistem Ekonomi

Dari uraian diatas bisa kita ambil kesimpulanya bahwa faktor produksi keahlian merupakan faktor yang penting dalam memaksimalkan hasil produksi, faktor produksi keahlian berperan dalam mengoordinasikan atau mengarahkan faktor-faktor peroduksi agar produktivitas dapat meningkat. Cukup sekian dari echotuts semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts.
Previous
Next Post »