Pengertian Prinsip Ekonomi dan Politik Ekonomi

Pengertian Prinsip Ekonomi Dan Politik Ekonomi - echotuts

Pengertian Prinsip Ekonomi
Prinsip ekonomi adalah tndakan untuk mendapatkan hasil yang maksimum dengan pemanfaatan biaya tertentu atau dengan faktor produksi tertentu berusaha untuk mendapatkan hasil produksi yang maksimal. Prinsip ekonomi harus diberlakukan sesuai dengan faktor kelangkaan yang telah kita bicarakan sebelumnya. Didorong oleh faktor kelangkaan, maka faktor-faktor produksi yang ada harus digunakan semaksimal mungkin dengan rangka menghasilkan barang dan jasa.

Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Sistem Ekonomi

Meskipun para pelaku ekonomi telah menjalankan kegiatanya berdasarkan prinsip-prinsip ekonomi yang dilakukan secara hati-hati, bukan berarti itu semua akan berjalan sesuai kendala. Oleh karena itu, diperlukan sebuah perencanaan dan strategi yang disebut dengan kebijakan ekonomi. Strategi atau kebijakan ini bisa dikenal sebagai politik ekonomi.

Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Pelaku Ekonomi

Pengertian Prinsip Politik Ekonomi
Politik adalah upaya untuk memperbaiki kehidupan masyarakat. Jadi tujuannya orang berpolitik adalah memperbaiki keadaan. Politik ekonomi adalah kebijakan yang dijalankan untuk memperbaiki keburukan ekonomi yang sedang berlangsung. Contoh, Untuk memperbaiki inflasi maka pemerintah atau pemegang otoritas moneter dalam hal ini bank Indonesia akan melaksanakan politik ekonomi yang disebut politik moneter. Politik moneter atau tindakan moneter yang dijalankan untuk menekan laju inflasi adalah menaikan diskonto. Melaksanakan operasi pasar terbuka dan meningkatkan cadangan umum bank-bank komersial.

Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Motif Ekonomi

Cukup sekian dari echotuts, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih banyak atas kunjungan dan Dukungan anda ke echotuts. Have a nice day.
Previous
Next Post »