Pengertian dan Manfaat Analisis SWOT

Sebelum menentukan perencanaan pengembangan usaha yang akan dilakukan, wirausahawan harus mengenal diri sendiri maupun usahanya secara tepat. Baik dari sisi internal maupun sisi ekternalnya. Pengenalan diri sendiri dan usahanya secara mendalam, berkaitan dengan potensi-potensi yang dimiliki wirausahawan maupun perusahaannya. Pengenalan secara mendalam terhadap diri wirausaha dan perusahannya dapat dilakukan dengan analisis SWOT. Dan kali ini echotuts akan membahas mengenai “Pengertian dan Manfaat Analisis SWOT

SWOT Srength Weakness Opportunity Threat - kewirausahaabn - echotuts


Pengertian SWOT
Analisis SWOT analisis mengenai kekuatan (Strength), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunity), dan ancaman (Threat) yang dihadapi oleh perusahaan atau proyek. Dan keempat faktor tersebut yang membuat kata SWOT.
  • Strength : Kekutan yang dapat mendukung keberhasilan Proyek atau perusahaan untuk mencapai pengembanagan usaha proyek atau Usaha tersebut. 
  • Weakness : Kelemahan perusahaan, proyek atau usaha yang dapat membebani, membebani atau menghambat kemampuan dalam pengembangan usaha. 
  • Opportunity : Peluang Proyek, usaha, perusahaan anda dalam mencapai tujuab pengembangan usaha anda. 
  • Threat : Suatu Ancaman yang dapat merugikan, mejatuhkan dan membahayakan bagi pengembangan usaha kita. 

Manfaat SWOTManfaat analisis SWOT bagi perusahaan adalah para wirausahawan akan menyiapkan, merencanakan jalan keluar yang baik secara rasional, tegas dan lugas dalam menghadapi banyak kemungkinan yang bisa terjadi ketika melakukan pengembangan usaha. Dengan adanya informasi dari dalam dan dari luar perusahaan. Kita bisa menjaga keutuhan usaha tersebut dengan baik.

Analisis SWOT - kewirausahaan - echotuts
Sumber Gambar : Wikipedia

Analisis SWOT merupakan alat analisis dasar yang merumuskan suatu strategi usaha berdasarkan faktor internal yang ada di dalam perusahaan dan faktor eksternal yang ada di luar perusahaan.

Baca juga :

Cukup sekian dari echotuts, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima kasih banyak atas dukungan atas kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.
Previous
Next Post »