Manfaat Bengkoang bagi kesehatan dan kecantikan

Bengkoang merupakan buah yang kaya dengan berbagai zat yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh atau kecantikan, beberapa zat gizi yang penting terutama vitamin dan mineral.
Vitamin yang terkandung dalam bengkoang yang paling tinggi adalah Vitamin C. Sedangkan mineral yang terkandung dalam bengkoang adalah fosfor, zat besi, kalsium dan lain-lain. Jadi kalo ada yang pingin cantik, bisa juga menggunakan bengkoang sebagai masker muka, agar kulit lebih terlihat segar.   Dan bengkoang juga salah satu buah yang mengandung kadar air yang cukup tinggi sehingga dapat menyegarkan tubuh setelah mengkonsumsinya dan menambah cairan tubuh yang diperlukan untuk menghilangkan deposit-deposit lemak yang terbentuk dalam beberapa bagian tubuh. Oleh karena itu, bengkoang dianggap dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. #wow



Dan dibawah ini merupakan daftar kandungan zat gizi yang ada dalam bengkoang tiap 100 gram bengkoang :
  1.  Energi                    55 kal
  2.  Protein                   1.4 gr
  3.   Lemak                    0.2 gr
  4. Karbohidrat            12.8 gr
  5. Kalsium                  15 mg
  6.  Fosfor                    18 mg
  7.  Vitamin A0SI
  8.   Vitamin B             10.04 mg
  9.   Vitamin C             20 mg
  10.    Besi                       0.6 mg

Nanti admin share tentang tips cara membuat masker dengan bengkoang tapi sebelum itu kita pelajari lebih rinci tentang buah bengkoang ini untuk menambah wawasan kita, aduh pasti para kaum wanita udah g sabar, roll aja ke bawah :p #lho ?, bahan-bahan alami yang kaya dengan nutrisi sudah lama diandalkan oleh semua orang sebagai sumber pengobata atau perawatan terbaik untuk tubuh kita, dan sebenarnya kita juga bisa mendapatkan manfaat semua bahan alami itu dengan cara mengkonsumsi atau mengolahnya sesuai anjuran dari para ahli gizi. Namun, efek sehat yang akan dirasakan kulit kita dari olahan tersebut ternyata tidak terlalu besar . menurut Mary Lupo, MD, Spesialis kulit bidang klinis di Tulane University School of medicine. Ia lantas mengemukakan solusi lain lebih efektif yaitu dengan cara mengaplikasikan bahan-bahan alami itu pada tubuh kita. Salah satunya adalah penggunaan bahan alami untuk kecantikan yang mungkin sudah anda kenal adalah bengkoang.

Hayo pasti kaum wanita banyak yang g sabar pingin tau caranya untuk menjaga kecantikn, tenang aja km kayak gitu udah cantik kok #gombal, tenang aja buat kaum pria, kaum pria yang cantik juga boleh pake tapi jangan sampe katahuan #eh. Tanaman umbi ini biasa ditemukan dalam masker, lulur, sabun wajah, pelembab, dan lotion ,{ lho kakak Echotuts bukanya bengkoang adanya di kebun bengkoang ? } . Bengkoang terbukti {#lanjut, pura-pura g denger} bisa menyegarkan, karena akar umbi dari bengkoang memiliki kandungan air yang tinggi, sekitar 86-90 %, sehingga member efek melembabkan.

Sementara itu, dalam penelitian yang berjudul The Exploration of Whitening and Skin Screening Compounds in Bengkoang Roots (Pachyrhizus Erosus) oleh ending lukitaning dari universitas Wurzburg, jerman, disebutkan bahwa bengkoang mengandung vitamin C, favonoid dan saponin yang merupakan tabir  surya alami untuk mencegah kulit rusak oleh radikal bebas. Plus, zat fenolik dalam bengkoang cukup efektif menghambat proses pembentukan melanin, sehingga pigmentasi akibat hormone, sinar matahari, dan bekas jerawat dapat dicegah dan dikurangi.

Dan ini yang kalian tunggu-tunggu, cara pembuatan maskermenggunakan bengkoang, sebenarnya ada 2 cara untuk membuat masker bengkoang. Tapi aku sarankan menggunakan cara 1. Karena lebih efektif, tapi terserah pengguna :

Cara Kesatu :
  1.   Kupas bengkoang dan bersihkan.
  2.  Potong kecil-kecil dan masukan ke dalam blender.
  3.  Masukan sedikit air , jangan banyak-banyak, kira-kira bisa muat untuk satu gelas,
  4.  Blender hingga halus, dan taruh sedikit demi sedikit di atas kain dan peras airnya, dan masukan airnya  dalam gelas,
  5.  Tunggu beberapa lama perasan air pengkoang hingga mengendap, hingga di bawah menghasilkan seperti tepung berwarna putih, nah itu yang kita pakai untuk mempercantik kulit kita, lho terus airnya di apain dong kak? ,air nya juga bisa kita minum, lagian juga segar, lalu ampasnya kita apain dong kak? bisa juga buat mandi, gosok-gosok badan dengan itu,
  6. Tempelkan tepung endapan air bengkoang yang berwarna putih itu ke wajah dengan rata,
  7. dan tunggu beberapa menit hingga kering , sekitar 15-20 menit,
  8.  Basuh atau bilas dengan air bersih, lakukan 1-2 kali dalam seminggu.
Cara Kedua :
  1.  Kupas dan bersihkan bengkoang
  2.  Parut sampai halus,
  3.  Tempelkan merata pada permukaan wajah atau area kulit yang bernoda.
  4.   Diamkan sampai kering sekitar 40 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu

Dari dua cara tersebut, kamu bisa pilih menurut seleramu, tapi kalo aku menyarankan no 1 karena saudaraku pernah coba no 1, aku liat dia langsung kinclong di pemakaian pertama. dan bukan hanya bermanfaat untuk kecantikan saja tapi juga bisa untuk menyegarkan tubuh, karena di dalamnya terdapat banyak kandungan vitamin c, dan di bawah ini cara pengolahannya untuk dikonsumsi.

Cara kesatu :
1.       kalian bisa memakanya langsung, kupas terlebih dahulu dan cuci dengan bersih 
2.       dan selamat menikmati, buat melutis/rujak buah juga sama enaknya.

Dan Cara keduanya adalah dengan cara membuat jus bengkoang,
  1.  pertama kupas dan bersihkan
  2. masukan dalam blender dan masukan dikit air, blender hingga halus,
  3. masukan dalam gelas terserah mau di saring dulu ampasnya atau pake ampasnya dan selamat menikmati. Yummy :3,
selamat mencoba ya kakak2. Mohon maaf atas kekuranganya,semoga artikel ini dapat menambah wawasan tentang Buah bengkoang, Terimakasih Untuk semuanya, Sekian.
Previous
Next Post »