Pengertian dan Tipe-tipe dari Plastida

Pengertian dan Tipe-tipe dari Plastida - Struktur Plastida - echotuts

Pengertian Plastida

Plastida adalah organel khas yang memiliki membran lengkap. Plastida mengandung berbagai pigmen. Bentuk warna dan ukuran plastida bermacam-macam sesuai dengan fungsinya. Tiga tipe utama plastida antara lain leukoplas, klromoplas dan kloroplas. Semua jenis plastida berasa dari proplastid yang terdapat pada sel telur (ovum) dan maristem.

Tiga Tipe Utama Plastida

Leukoplas adalah plastida tidak berwarna yang terdapat dalam sel jaringan tumbuhan yang umumnya tidak terkena sinar matahari. Leukoplas meliputi amilopas (penyimpan tepung) yang terdapat dalam daun lembaga, endosperm dan dalam organ penyimpanan misalnya umbi kentang, elaioplas (penyimpanan minyak dan subtasi berlemak) yang biasanya terdapat dalam jaringan tumbuhan monokotil dan lumut hati dan eleuroplas (menyimpan protein) yang ditemukan pada banyak biji.

Kromoplas adalah plastida non-fotosintesis yang berwarna. Istilah kromoplas digunakan untuk plastida berwarna yang tidak mengandung klrofil dan untuk memisahkan plastida berklorofil dalam kelompoksendiri, yaitu kloroplas. Klomoplas berwarna merah, kuning atau oranye. Wara kromoplas bisa kita lihat pada buah tomat dan akar wortel yang megandung pigmen karotenoid. Bentuk kromoplas sangat bevariasi, umumnya tidak teratur dan berujung runcing. Kromoplas jug mempengaruhi warna pada bunga, buah dan akar.

Kloroplas berwarna hijau akibat adanya pigmen klorofil. Klorofil adalah pigmen-pigmen yang berperan dalam fotosintesis tumbuhan. Ukuran kloroplas pada tumbuhan tingkat tinggi sekitar 4-6um. Setiap sel mengandung 20-40 kloroplas/mm2, bahkan ada satu sel yang mengandung 400.000 kloroplas/mm2.Kloroplas memiliki membran luar dan dalam membran luar memiliki permukaan rata, berfungsi mengaturkeluar dan masuknya zat. Membran bagian dalam kloroplas membungkus matriks cair yang disebut stroma. Membran bagian dalam berbentuk seperti lembaran-embaran akibat lekukan ke arah dalam. Satu lembaran membran bagian dalam disebut dengan tilakoid. Tilakoid-tilakoid lalu menyusun grana.

Baca juga :

Cukup sekian dari echotuts semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.
Previous
Next Post »