Macam macam Simbol Keselamatan Kerja di Laboratorium

Macam-macam Simbol Keselamatan Kerja di Laboratorium - echotuts

Sekecil apapun experiment yang anda lakukan dalam sebuah laboratorium anda tetap harus memperhatikan keselamatana anda, Teman praktikum dan lingkungan di sekitar anda. Di dalam sebuah laboratrium pasti terdapat benda-benda berbahaya yang dapat melukai anda atau teman anda dan sering sekali terjadi kesalahan yang terlihat remeh dan menyebabkan terjadinya kecelakaan seperti kebakaran atau keracunan. Beberapa symbol-simbol berikut dapat menolong anda menghindari dari sebuah kecelakaan di dalam laboratorium.

Terdapat banyak simbol keselamatan kerja di dalam laboratorium yang dipasang di berbagai posisi dan tempat dalam lingkungan kerja tersebut. Simbul keselamatan umumnya diletakan di tempat yang mudah terlihat. Dan berikut merupakan beberapa symbol yang sering kita jumpai di dalam laboratorium.


Simbol-Simbol Keselamatan Kerja di Laboratorium


Macam-macam Simbol Keselamatan Kerja di Laboratorium - beracun - echotuts
Beracun

Beracun : Simbol ini menunjukan bahwa bahan-bahan yang sifat sebagai racun, sehingga dapat menimbulkan kecelakaan ataupun kematian apabila tertelan, tertiup atau terserapmelalui kulit. Contoh dari bahan beracun dalam laboratorium adalah merkuri dan sianida.

Macam-macam Simbol Keselamatan Kerja di Laboratorium - Mudah terbakar - echotuts
Mudah Terbakar

Mudah Terbakar : Simbol ini menunjukan bahan-bahan yang sangat mudah terbakar. Cairan dengan suhu di bawah 21oC termasuk dalam golongan ini. Contoh bahan yang sangat mudah terbakar adalah minyak tanah. Alkohol dan bensin.

Macam-macam Simbol Keselamatan Kerja di Laboratorium - Korosif - echotuts
Korosif

Korosif : Simbol ini menunjukan bahan yang dapat merusak jaringan hidup. Di dalam pemakaianya, bahan ini dapat menyebabkan proses perkaratan sehingga dapat merusah bagian benda lain atau bahkan jaringan hidup. Contoh dari bahan ini adalah asam dan basa kuat.

Macam-macam Simbol Keselamatan Kerja di Laboratorium - Iritasi - echotuts
Iritasi

Iritasi : Simbol ini menunjukan bahan yang tidak bersifat korosif namun dapat mengakibatkan ketidaknyamanan pada tubuh kita. bahan ini dapat mengakibatkan rasa terbakar pada kulit, dan merusak selaput lender, atau mengganggu sistem pernapasan. Contoh bahan yang bersifat iritasi adalah kloroform.

Macam-macam Simbol Keselamatan Kerja di Laboratorium - Mudah meledak - echotuts
Mudah Meledak

Mudah Meledak : Simbol bahan yang mudah meledak jika terkena panas, api atau sensitif jika mengalami proses gesekan atau goncangan. Oleh karena itu bahan ini tidak boleh didekatkan dengan api atau bergesekan dengan benda lain. Contoh bahan yang mudah meledak ialah campuran hydrogen dan oksigen.


Macam-macam Simbol Keselamatan Kerja di Laboratorium - Radioaktif - echotuts
Radioaktif

Radioaktif : Simbol ini menunjukan bahan-bahan yang dapat memancarkan sinar radio aktif yang berbahaya. Sinar radioaktif dapat merusah jaringan tubuh. Contohnya adalah uranium dan plutorium.

Baca juga :

Cukup sekian dari echotuts semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.
Previous
Next Post »