Macam-macam Dinding Sel

Macam-macam Dinding Sel - echotuts

Hewan dan tumbuhan memiliki beberapa organel sel yang berbeda. Organel-organel sel yang dimiliki tumbuhan tetapi tidak dimiliki hewan salah satunya yaitu adalah dinding sel, Dinding sel juga dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu lamela tengah dinding sel primer dan dinding sel skunder. Lamela tengah yang berarti lapisan atau subtansi antar sel yang berdekatan. Dan dinding sel dipisahkan dari sitoplasma membrane plasma yang disebut juga dengan plasmalema.
  • Lamela Tengah : Lamela tengah adalah perekat yang mengikat sel-sel bersama-sama agar dapat membentuk jaringan. Oleh karena itu, lamella tengah bisa dijumpai di antara dinding primer sel-sel yang berdekatan. Lapisan ini umumnya tersusun atas zat pectin. Pada proses maserasi, enzim pektinase dapat melarutkan pectin, segingga bisa menghancurkan lamella tengah dan memisahkan sel-sel pada tumbuhan.
  • Dinding Primer : merupakan dinding sel yang pertama kali dibentuk oleh sel baru. Dinding primer juga disebut dengan dinding sel asli. Dinding primer tersusun atas selulosa, hemiselulosa dan pektin.
  • Dinding Sekunder : Dinding sekunder dibentuk dari permukaan dalam dinding primer. Dinding ini berkembang di bagian sel yang sudah berhenti atau selesai tumbuh. Dinding sekunder sangatlah kuat hingga membentuk banyak lapisan. Dan biasanya mencapai tiga lapisan.
Cukup sekian, Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita, mohon maaf atas kekuranganya, Terima Kasih telah berkunjung dan Have a Nice day.. :)
Previous
Next Post »