Macam-macam Manfaat Ilmu Biologi dalam Berbagai Bidang

Macam-macam Manfaat Ilmu Biologi dalam Berbagai Bidang - echotuts

Biologi bisa dikategorikan sebagai kelompok ilmu murni seperti kimia, fisika, dan matematika. Biologi menjadi dasar pengembangan ilmu-ilmu terapan seperti pertanian, pertenakan, kedokteran, farmasi dan lain-lain. Sebagai ilmu pengetahuan. Konsep-konsep- dalam biologi mutlak merupakan kajian ilmiah yang bersifat objektif, logis dan berulang. Kajian ilmiah sendiri dilakukan dengan metode ilmiah yang meliputi observasi, hipotesis, eksperimen, pengambilan kesimpulan, dan teori. Berbagai penemuan dalam bidang biologi berhasil memecahkan masalah atau persoalan manusia, baik dalam bidang kesehatan, pertanian, maupun pertenakan.

Macam-macam Manfaat Ilmu Biologi dalam Berbagai Bidang

Bidang Kesehatan : dalam bidang rekayasa genetika dapat menjadi solusi bagi penyakit mematikan seperti kanker. Rekayasa genetika juga dimanfaatkan untuk menghasilkan hormone insulin dengan teknik DNA rekombinan pada bakteri. Fertilisasi in vitro atau bayi tabung dapat menjadi solusi bagi pasangan yang sulit memperoleh keturunan. Teknik fusi sel (hibridoma) dimanfaatkan untuk memproduksi antibody monoclonal yang bermanfaat untuk mendiagnosis penyakit dan kehamilan. Vaksin dimanfaatkan untuk mencegah infeksi sejak dini, misalnya hepatitis B dan malaria.

Bidang Pertanian : Teknik rekayasa genetika juga bermanfaat dalam bidang pertanian, yaitu untuk menghasilkan bibit unggul yang tahan hama. Teknik kultur jaringan bermanfaat untuk menghasilkan bibit unggul dalam jumlah banyak dengan waktu yang singkat.

Bidang Pertenakan : teknik kawin suntik (inseminasi buatan) mempermudah pertenakan untuk mengembangkan hewan ternak mereka.

Bidang Pangan dan Industri : Mikroorganisme dimanfaatkan dalam proses pembuatan makanan dan minuman. Propionibacterium dimanfaatkan dalam pembuatan keju. Lactobacillus dimanfaatkan dalam oembuatan yoghurt, dan acetobacter xilinum dalam pembuatan nata de coco. Dalam bidang industry, aspergillus niger dimanfaatkan untuk produksi asam sitrat, enzim lipase dan amylase. Penicillium chrysogenum dimanfaatkan untuk memproduksi antibiotic, penisilin.

Baca juga :

Cukup sekian dari echotuts semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.
Previous
Next Post »