Pengertian dan Macam-macam Saluran Distribusi

Pengertian dan Macam-macam Saluran Distribusi - echotuts

Distribusi adalah suatu proses agar barang dari tempat produsen sampai ke tangan konsumen, atau distribusi adlah penyaluran atau penyampaian barang-barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen. dan kali ini echotuts akan membahas mengenai "Pengertian dan Macam-macam Saluran Distribusi"

Baca juga : Pengertian Tujuan dan Macam-macam Produksi

Saluran distribusi barang konsumsi
Karena peradaban saluran, keaadaan dan karakteristik yang berbeda maka saluran distribusifisik dapat dibedakan atas saluran barang-barang konsumsi, barang-barang hasil industry dan barang hasil pertanian.
  • Distribusi langsung yaitu produsen langsung menyalurkan kepada konsumen.
  • Distribusi tidak langsung yaitu produsen masih memakai perantara dalam penyaluran seperti Belanja Online.
Baca juga : Pengertian Tujuan dan Fungsi Distribusi

Saluran distribusi hasil industry
Karena Khas atau karakteristik barang industry yang lebih tahan lama dan diproduksi dalam jumlah banyak (saluran distribusi yang dipilih inderect) maka penyaluran barang industry menggunakan saluran yang berbeda dengan barang konsumsi yang relative tidak tahan lama (saluran yang dipilih biasanya direct). Secara umum penyaluran barang industry menggunakan empat saluran, yaitu :
  • Produsen – agen – distribusi hasil industry – pemakaian hasil industry
  • Produsen – agen – pemakaian hasil industry
  • Produsen – distributor hasil industry – pemakaian hasil industry
  • Produsen – pemakaian hasil industry
Baca juga : Pengertian Ciri-ciri dan Tujuan Konsumsi

Saluran distribusi hasil pertanian
Dibandingkan dengan hasil industry, hasil pertanian mempunyai karakteristik yang berbeda. Hasil industry umumnya terkumpul dalam jumlah yang relative besar jumlahnya sedangkan hasil pertanian tersebar dalam jumlah-jumlah yang relative kecil. Oleh karena itu, untuk keperluan distribusi diperlukan pedagang pengumpul yang disebut tengkulak. Kecuali kegiatan pertanian lahan yang diolah secara luas, dimana hasil dalam jumlah besar maka saluran distribusi hampir sama dengan perusahaan industry. Secara umum saluran distribusi hasil pertanian secara kecil-kecilan adalah
  • Petani – langsung ke pemakai
  • Petani – tengkulak – pemakai
  • Petani – tengkulak – grosir – pedagang kecil – pemakai
  • Petani – pasar swalayan – pemakai
Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Sistem Ekonomi

Cukup sekian dari echotuts, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda. Have a nice day.
Previous
Next Post »