Pengertian dan Cara Penghitungan Rasio Rentabilitas

Analisis rasio atau disebut dengan Rasio Keuangan adalah teknik alat mengukur prestasi perusahaan dalam hal menentukan tingkat likuiditas, solvabilitas, keefektifan operasi, serta derajat keuangan perusahaan. Dan kali ini echotuts akan membahas mengenai “Pengertian dan Cara Perhitungan Rasio Likuiditas

Pengertian dan Cara Perhitungan Rasio Likuiditas - kewirausahaan - echotuts


Rasio rentabilitas adalah rasio untuk mengukur prestasi perusahaan dalam hal mendapatkan keuntungan atau rentabilitas usaha atas modal yang kita gunakan. Rasio ini merupakan alat pengukur prestasi dari manajemen perusahaan atau pengelola perusahaan maupun wirausaha itu sendiri. Rasio rentabilitas dapat dihitung dengan beberapa cara yaitu.

Macam-macam dan Cara Penghitungan Rasio Rentabilitas
Rasio Operating Income dengan Operating Assets
Operating income atau dalam bahasa indonesianya adalah Pendapatan Usaha, Operating Income adalah semua pendapatan atau penghasilan perusahaan dari hasil usaha yang dilakukan. Sedangkan operating assets adalah semua aktiva kecuali investasi jangka panjang dan aktiva-aktiva lain yang tidak digunakan dalam kegiatan atau usaha memperoleh penghasilan yang rutin atau usaha pokok perusahaan.
Rasio ini mencerminkan keuntungan yang diperoleh tanpa mengingat dari mana sumber modal dan menunjukan tingkat efisientas perusahaan dalam melaksanakan operasi sehari-hari. Selain itu, berguna pula untuk membandingkan antara dua perusahaan atau lebih yang memiliki struktur pemodalan yang berbeda.

Rumus Rasio Operating Income dengan Operating Assets
Rumus Rasio Operating Income dengan Operating Assets - kewirausahaan - echotuts
Rasio yang rendah kemungkinan menunjukan sebuah kemungkinan sebagai berikut :
  • Adanya over investment dalam aktiva yang digunakan untuk usaha dalam hubungannya dengan volume penjualan.
  • Gambaran rendahnya volume penjualan dibandingkan dengan biaya-biaya yang dikeluarkan.
  • Adanya inefisiensi dalam produksi pembelian maupun pemasaran.
  • Adanya kegiatan ekonomi yang menurun.

Turn Over dari Operating Assets
Rasio ini menunjukan berapa kali operating assets berputar dalam suatu periode tertentu. Suatu rasio menunjukan tren naik berarti perusahaan semakin efesien dalam penggunaan aktiva. Perhitungan rasio ini mempunyai beberapa kelemahan, yaitu :

  • Penjualan hanya untuk periode, sedangkan total operating assets adalah akumulasi kekayaan perusahaan selama beberapa periode.
  • Rasio ini hanya Menunjukkan hubungan antara penghasilan dengan aktiva yang digunakan dan tidak memberi gambaran tentang laba yang diperoleh.
  • Tingkat penjualan yang diperoleh dipengaruhi oleh berbagai faktor di luar kemampuan perusahaan untuk diatasi.

Rumus Turn Over dari Operating Assets
Rumus Turn Over dari Operating Assets - kewirausahaan - echotuts

Return On investment (ROI)
Analisis Return On Investment (ROI) atau Net Operating Profit Rate Of Return maupun operating earning power adalah salah satu bentuk rasio rentabilitas untuk mengukur kemampuan perusahaan dengan keseluruhan dana yang diinvestasikan dalam aktiva yang digunakan untuk operasinya untuk menghasilkan keuntungan besarnya ROI dipengaruhi oleh :

  • Turn over dari operating assets (Tingkat perputaran aktiva yang digunakan untuk operating)
  • Profit margin (Besarnya keuntungan operasi yang dinyatakan dalam presentase dari jumlah penjualan bersih )

Rumus Return On Investment
Rumus Return On Investment - kewirausahaan - echotuts

Cukup sekian dari echotuts, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Mohon maaf atas kesalahanya, dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.

Baca juga :
Previous
Next Post »