Pengertian dan Cara Penghitungan Rasio Lain-lain

Analisis rasio atau disebut dengan Rasio Keuangan adalah teknik alat mengukur prestasi perusahaan dalam hal menentukan tingkat likuiditas, solvabilitas, keefektifan operasi, serta derajat keuangan perusahaan. Dan kali ini echotuts akan membahas mengenai “Pengertian dan Cara Perhitungan Rasio Lain-lain

Pengertian dan Cara Penghitungan Rasio Lain-lain - kewirausahaan - echotuts

Rasio Lain-Lain adalah rasio masih dalam fungsi yang sama untuk mengukur prestasi perusahaan dalam usahanya agar kita tahu tinggkat usaha kita, Mendapatkan keuntungan atau kerugian. Tapi Rasio ini lebih diluar atau tidak termasuk dalam katagori rasio sebelumnya. Rasio Lain-lain terdiri dari Gross Margin Ratio. Operating Ratio, Tingkat perputaran Piutang, dan Perputaran Modal Kerja.

Macam-macam dan Cara Penghitungan Rasio Lain-Lain
Gross Margin Ratio
Gross Margin Ratio digunakan dalam mengukur laba kantor yang dapat dicapai setiap rupiah penjualan, atau bila rasio ini dikurangkan terhadap angka 100% maka akan menunjukan jumlah yang tersisa untuk menutup biaya operasi dan laba bersih.

Rumus Gross Margin Ratio
Rumus Gross Margin Ratio - kewirausahaan - echotuts

Operating Ratio
Operating rasio digunakan dalam mengukur tingkat efesiensi perusahaan, sehingga dengan rasio tinggi mencerminkan perusahaan kurang baik, hal ini disebabkan karena setiap rupiahdalam penjualan terdapat juga biaya yang tinggi sehingga untuk target laba adalah kecil.

Rumus Operating Ratio
Rumus Operating Ratio - kewirausahaan - echotuts

Tingkat Perputaran Piutang
Piutang yang dinilai perusahaan mempunyai hubungan erat dengan volume penjualan kredit sehingga rasio ini diukur dengan cara membagi jumlah total penjualan dengan piutang rata-rata. Bila memungkinkan rata-ratapiutang dapat dihitung secara bulanan (Saldo tiap akhir bulan dibagi 12) atau tahunan yaitu saldo awal tahun ditambah saldo akhir tahun dibagi dua.

Rumus Tingkat Perputaran Piutang
Rumus Tingkat Perputaran Piutang - kewirausahaan - echotuts

Perputaran Modal Kerja
Perputaran modal kerja adalah kemampuan modal kerja netto berputar dalam satu periode tertentu. Digunakan dalam menghitung perputaran modal kerja netto dalam suatu periode.

Rumus Perputaran Modal Kerja
Rumus Perputaran Modal Kerja - kewirausahaan - echotuts

Cukup sekian dari echotuts, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Mohon maaf atas kesalahanya, dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.

Baca juga :
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Rafi Orilya
AUTHOR
21 August 2015 at 21:23 delete

Mantep nih jadi inget pelajaran KW ane waktu SMK :D

Reply
avatar