Cara Submit Sitemap ke dalam Google Webmaster

Pada sebelumnya echotuts pernah membahas tentang “Cara Daftar dan Verifikasi Blog ke dalam Google Webmaster” setelah anda berhasil mendaftarkan blog atau website anda ke dalam Google webmaster langkah selanjutnya adalah memasukan sitemap blog atau website anda kedalam mesin pencari Google Webmaster Tool, dengan cara ini google akan lebih mudah merayap dan memeriksa semua konten yang di dalam blog atau website anda. Dengan cara ini pula mempermudahkan blog kita agar ter-index dengan cepat begitu pula semua conten penting di dalam blog anda. Dan kali ini echotuts akan membahas tentang “Cara Submit Sitemap Ke dalam Google Webmaster”

submit sitemap to google webmaster tutorial - echotuts


Google memang merupakan situs mesin pencari nomer satu di dunia. Google juga tidak hanya menyediakan layanan mesin pencari atau search engine tapi juga menyediakan banyak layanan yang sangat membantu para pengguna internet. Salah satunya adalah google webmaster. Memang selambat-lambatnya situs blog atau website jika tidak di daftarkan sendiri pasti otomatis akan terdaftar sendiri atau biasa disebut dengan ter index oleh google. Dan cara ini adalah cara resmi dari google agar mudah dan cepat ter index masuk ke dalam mesin pencari google. Dengan hal itu website atau blog kita akan mudah di temukan oleh para pengguna internet. Tidak hanya pada halaman utama saja, tapi dengan submit sitemap ke google webmaster semua konten yang ada di dalam website atau blog tersebut akan mudah di cari di google search atau mesin pencari google. Tentunya ini sangat menguntungkan banyak orang. Bukan hanya para web developer tap juga para pengguna internet yang sedang mencari banyak informasi. Berikut merupakan cara untuk Submit Sitemap ke dalam Google Webmaster

Submit Sitemap ke dalam Google Webmaster
Cara ini memang tergolong sangat mudah, kita hanya menaruh link sitemap anda kedalam google webmaster tool. Untuk mengetahui daftar sitemap anda biasanya untuk para blogger cukup dengan menambahkan
 /sitemap.xml 
jadi contohnya seperti
http://namaBlogKamu.blogspot.com/sitemap.xml 
jika anda masuk ke dalamnya anda akan melihat banyak urutan code daftar link yang akan digunakan google untuk memproses blog anda.

1.   Pertama, masuk kedalam akun Google Webmaster anda.

2.   Pilih Situs Blog atau Website anda.

3.   Lihat pada menu sisi kiri dan pilih menu "Crawl". Kemudian pilih "Sitemap".
crawl - sitemaps - cara submit sitemap ke google webmaster - echotuts

4.   Anda akan terbawa kedalam halaman sitemap, cari menu "add/test sitemap” dan klik.


add / test sitemap cara submit sitemap ke dalam google webmaster - echotuts

5.   Masukan url sitemap anda seperti yang dijelaskan di atas. Dan klik submit sitemap.

6.   Silahkan segarkan halaman.

Tugas terakhir anda adalah menunggu. Memang tidak secepat dugaan. Google masih perlu merayap ke semua konten anda satu persatu. Dengan cara itu satu-satu konten anda akan terindex ke dalam mesin pencari. Cukup mudah bukan. Cukup sekian artikel dari echotuts. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita, Mohon Maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih telah berkunjung ke Echotuts.

Lastest update : 08/08/2015

Baca juga yang ini :
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Wahyu Rizky
AUTHOR
3 August 2015 at 10:11 delete

Ini nih yang dicari hehe

Reply
avatar
3 August 2015 at 22:10 delete

Jadi Tau Mas, bermanfaat.

Reply
avatar