Cara Cepat Mengatasi Google Sandbox

Tidak enak sekali rasanya jika kita kehilangan banyak pengunjung dari blog atau website kita, beberapa factor kemungkinan anda kehilangan pengunjung karena ada beberapa situs yang menggantikan tempat anda di daftar search engine Google, tapi ada juga factor yang membahayakan para web developer atau blogger, yaitu terkena google sandbox, yang membuat visitor atau pengunjung hilang secara tidak wajar. Dan kali ini echotuts akan membahas tentang google sandbox.

Cara Cepat Mengatasi Google Sandbox solusi cepat mudah google sanboxed - echotuts


Bagi yang sering mampir ke ecotuts pasti akan tau bahwa echotuts pernah membahas hal ini sebelumnya, “Solusi dan Alasan Google Sandbox” dan sekarang kita bahas lagi dengan rinci padat dan jelas.

Apa itu Sandbox ?
Untuk para pemula atau belum pernah dapat ini masalah pasti tidak akan terlalu memperdulikan ini masalah, tapi ini merupakan hal yang paling di awasi oleh para web developer agar mereka tidak kehilangan pengunjung harian mereka. Google sandbox merupakan suatu keaadaan disaat yang sebenarnya konten anda telah terindex masuk ke daftar pencarian google dan tiba-tiba dia hilang, dan pasti akan berpengaruh dengan pengunjung anda. Ada banyak 3 macam google sanbox, yaitu :
  • Deindexed : Saat domain anda terhapus dari google search atau bisa dibilang hanya dibanned
  • Penalized : Disaat domain anda masih ada tapi tidak ada salah satu post yang muncul di dalam google search. pelanggaran ini otomatis bisa melewati google alogaritme atau manual dari Google Quality Enggine
  • Sandboxed : domain agan tidak terindek atau pelanggaran sehinga traffic anda mulai turun.

Cara mengetahui Situs terkena Google Sandbox
Memang tidak ada satu pemberitahuan apapun yang bisa kita terima ketika situs blog atau website kita terkena sandbox, tapi anda bisa merasakanya yaitu dengan mengetahui jumlah pengunjung yang tiba-tiba turun dan beberapa konten hilang pada Google Search. agar lebih mudah mengetahuinya anda bisa kunjungi website dibawah untuk memeriksakan website atau blog anda :
http://pixelgroove.com/serp/sandbox_checker 
https://www.searchenginegenie.com/sandbox-checker.htm
Caranya cukup memeasukan link anda sesuai contoh, dan klik tombol merah. Tunggu loading hingga selesai dan akan muncul pemberitahuan dibawah.

Apa Saja Penyebab Google Sandbox ?

Artikel Copy Paste Bukan Ide Sendiri
Merupakan hal yang umum jika ada banyak blog mencopy blog lain,jika jika kita yang menjadi korban terasa sangat menyebalkan bukan ? sebenarnya copy paste konten orang itu tidak ada untungnya, karena google pasti tau mana artikel yang asli dan mana yang palsu. Dari hal itu google akan sangat mudah mengetahuinya dan kemungkinan akan terkena sandbox dengan mudah. Dan lebih buruknya lagi jika anda mempunyai konten yang tidak asli adalah anda bisa terkena pelanggaran sanksi berat seperti membayar ganti rugi yang cukup besar, jika pemilik aslinya mengetahui dan mengadukan anda ke pihak berwenang di negaranya maupun di pusat hokum seperti DMCA yang khusus mengelola pemberantasan plagiat.

Mengandung Malware pada situs anda.
Ini merupakan penyebab yang paling sering di dapatkan banyak orang, masalah ini bukan merupakan kesalahan siapapun, melainkan situs blog atau website anda sendiri. Dengan berarti sandbox ini masih bisa disembuhkan, malware biasanya terdapat pada code-code template atau posting anda, tapi kalo echotuts lihat, malware paling sering diakibatkan karena template yang mengandung malware, karena situs blog atau website anda mengandung malware sehingga google atau banyak search engine yang mengelola anda akan minggir atau memutuskan hubungan dengan situs blog atau website anda. semua ini dilakukan karena demi keamanan para pengguna internet. Jadi tidak ada yg salah dan masih bisa di sembuhkan. Untuk memeriksakan blog atau website anda silahkan kunjungi link di bawah ini.
https://sitecheck.sucuri.net/results/www.echotuts.web.id
Untuk Mendiagnosis Situs anda resmi dari google silahkan datang ke :
http://www.google.com/safebrowsing/diagnostic?site=www.echotuts.web.id
Note : Ubah www.echotuts.web.id dengan link anda.

Melakukan Optimasi berlebihan
Melakukan suatu yang berlebihan pasti akan berunjung tidak baik, begitu pula jika anda membuat optimasi yang berlebihan pada konten anda, seperti Auto visitor, Black heat SEO dan lain-lain yang berlebihan.

Ping Berlebihan
Sekali lagi berlebihan, semua yang berepihan memeang tidak baik, ping merupakan cara para web developer memberi peringatan kepada banyak search engine bahwa ada sesuatu yang baru pada situs blog atau website anda. Dan memperintahkan mereka agar segera mengelolag situs blog atau website anda. Jadi kalo berlebihan akan dianggap sebagai spam, Sebaiknya ping dilakukan cukuo satu kali setiap bulan. Gimana coba rasanya lagi tidur di ping bbm berkali-kali, menyebalkan bukan ?

Backlink Berlebihan
Sekali lagi… mungkin akan terdengar asing dan mengejutkan, backlink memang penting bagi kita, tapi jika anda mempunyai backlik yang tidak wajar. Akan dianggap sebagai spam juga.

Dari semua hal itu, sekarang kita tahu bukan apa alasan google menaruh kita ke dalam google sandbox. Seperti halnya penyakit semua penyakit pasti ada obatnya, percaya saja pasti website anda akan sembuh dan kembali rame seperti semula.

Cara Mengatasi Google Sandbox

Perbaiki Template anda.
Memang banyak template gratis yang mengandung malware, jadi tipsnya cuma perbaiki template anda atau periksakan pada pihak yang berwajib. Biasanya untuk sembuhin bayarnya mahal bisa sampe 3.000.000 perbulan. Jadi lebih baik akalin sendiri gan.

Tetap posting hal yang bermanfaat
Ini hal yang ampuh meskipun lama juga, seperti halnya hukuman pasti ada masa berakhirnya, dengan cara ini google akan mengganggap situs anda sebagai blog yang serius. Dan mengeluarkanmu dari google sanbox.

Hapus Semua Posting yang Anda Pernah Copas.
Plagiat. Tidak ada penghargaan khusus untuk para plagiat kecuali sebuah kurungan, google masih baik kepada anda para copaser, karena tidak memunculkan posting anda ke search engine no 1 di dunia, jika muncul dan diketahui oleh pemiliknya anda kemungkinan akan mendapatkan hukuman berat. Bukan hukuman berupa virtual bisa juga hukuman fisik. Ganti rugi uang atau masuk ke penjara.

Promosi Blog atau Website anda.
Sebelum melakukan promosi saran echotuts adalah memperbaiki situs blog atau website anda. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk promosi situs blog atau website anda. Salah satunya adalah periklanan, tapi juga bisa dilakukan dengan gratis yaitu dengan mebagikan link ke social media.

Membuat backlink
Buat backlink tapi tetap wajar. buat backlink yang berkualitas pada situs yang sudah terkenal atau berkualitas tinggi, dan bisa juga lakukan pada situs .gov atau .edu

Terakhir satu tips dari echotuts adalah terus besabar dalam menghadapi masalah ini, karena ini masalah memang sulit diselesaikan kecuali jika anda memang serius dalam web developer. optimis Pasti bisa keluar dari masalah ini. cukup sekian semoga artikel echotuts ini bisa menambah wawasan kita, Mohon Maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas kunjunganya ke echotuts. Have a nice day.

Lastest update : 08/08/2015

Baca juga yang ini : 
Previous
Next Post »

6 comments

Write comments
Unknown
AUTHOR
23 July 2015 at 00:32 delete

sayang juga yak kalo sampe masuk ke kotak pasirnya google :|

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
31 July 2015 at 08:07 delete

Punya ane pengunjungnya drastis turun ga, tapi pas di cek gak kena Google sanbox itu kenapa ya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
31 July 2015 at 14:37 delete

Google Sandbox Checker diatas cuma mendiagnosis. tapi data asli ada di google.
dan meskipun g pake tool check diatas pasti kamu bakal lihat ciri-cirinya. salah satunya pengunjung turun dan konten hilang di search enggine. CMIIW

Terima kasih telah berkunjung ^_^

Reply
avatar
madjongke
AUTHOR
18 September 2015 at 13:32 delete

Kalau banned permanen apa bisa dikembalikan?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
19 September 2015 at 14:29 delete

Keliatanya Google g sekejam itu... :)

Reply
avatar
Ahmad Aditya
AUTHOR
31 October 2015 at 14:39 delete

Untungnya saya belum pernah dapet sandbox :))

Reply
avatar