Pengertian Interaksi Sosial

Kehidupan bersama manusia dapat dilihat dari segi statis( Struktur Masyarakat ) dan segi dinamis (Proses sosial). Proses sosial terjadi ketika individu-individu dan kelompok-kelompok saling bertemu dan berinteraksi. Interaksi sosial merupakan hubungan antarindividu, antara individu dengan kelompok dan antar kelompok. Interaksi sosial menyebabkan adanya proses sosial suatu masyarakat. Proses sosial menyebabkan munculnya perubahan dan perkembangan dalam masyarakat.

Pengertian Interaksi Sosial - IPS - Echotuts

Sebagai makhluk sosial, manusia memiliki hasrat untuk berkomunikasi, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain. Hasrat itu muncul secara alami dari dalam diri manusia, Karena itu, interaksi dengan orang lain merupakan kebutuhan mendasar yang muncul dari dalam diri manusia itu sendiri.

Pengertian Interaksi Sosial
Interaksi Sosial adalah hubungan sosial yang dinamis antar individu, antar kelompok dan antara individu dan kelompok. syarat interaksi sosial adalah kontra sosial dan komunikasi. faktor-faktor interaksi sosial adalah imitasi, sugesti, indentifikasi, simpati dan empati.

Secara etimologis, interaksi berasal dari kata inter- artinya berbalas-balasan dan aksi artinya tindakan. jadi, interaksi berarti tindakan berbalas-balasan. Interaksi sosial merupakan hubungan sosial yang dinamis antarindividu, antar individu atau kelompok, dan antarkelompok. yang penting, dalam interaksi tersebut terjadi hubungan timbal balik antar keduanya. Kimbal Young dan Raymond W.Mack mengatakan bahwa interaksi sosialmerupakan hubungan-hubungan sosial yang dinamisyang menyangkut hubungan antarindividu, antar individu dan kelompok maupun antar kelompok. jika dua orang bertemu lalu bertegur sapa, maka interaksi sosial telah terjadi. bahkan, jika dua orang bertemu walaupun mereka tidak bertegur sapa, interaksi sosial tetap terjadi. Menurut Soerjono Soekarto (1990:67), hal ini terjadi karena mereka sadar akan adanya pihak lain yang menumbulkan perubahan pikiran dan perasaan. kesan yang timbul dalam diri seseorang menentukan tindakan yang akan dilakukannya.

Dalam interaksi sosial, individu atau kelompok dapat berkerja sama atau berkonflik. interaksi dapat dilakukan secara langsung atau tidak langsung. formal atau tidak formal. Contoh hubungan kerja sama adalah team bola basker dalam sebuah pertandingan, sedangkan contoh hubungan konflik adalah debat calon gubernur. Contoh hubungan formal adalah pemberian tugas dari atasan kepada bawan, sedangkan contoh hubungan informal adalah perbincangan mengenai kampung halaman oleh dua orang bersahabat yang lama tidak bertemu.

Menurut Charles P.Loomis, Ciri-ciri interaksi sosial adalah sebagai berikut :
  • Jumlah perilaku lebih dari seseorang.
  • Komunikasi antarpelaku menggunakan simbol dan lambang.
  • Adadimensi waktu masa lalu, masa kini, dan masa mendatang.
  • Ada tujuan yang hendak dicapai.

Cukup sekian dari echotuts, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, Mohon maaaf atas kekuranganya dan Terima Kasih banyak atas dukungan dan Kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.

Lastest update : 23 August 2015
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Hidup Sehat
AUTHOR
3 May 2015 at 09:29 delete

Mantap gan, bermanfaat sekali

http://goo.gl/zQkN7s

Reply
avatar