Pengertian dan Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Interaksi Sosial adalah dasar dari suatu hubungan yang berupa tindakan berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat, dengan adanya norma dan nilai yang berlaku. Menurut Soerjono Soekamto (1994:71), interaksi sosial terjadi karena terpenuhnya 2 Syarat, yaitu Kontak sosial dan Komunikasi, dan kali ini echotuts akan membahas mengenai "Syarat-Syarat Kontak Sosial"

Pengertian dan Syarat Terjadinya Interaksi Sosial - echotuts

1).   Kontak sosial 

Dalam sosiologi, Kontak sosial dapat terjadi dengan atau tanpa hubungan fisik, Kontak sosial dengan hubungan fisik, Contohnya kita menepuk bahu orang yang kita sapa. dan Kontak sosial tanpa hubungan fisik, contohnya komunikasi melalui telepon, surat elektronik, dan lain-lain.

Macam-Macam Kontak Sosial
  • Kontak Sosial Antarindividu. Misalnya, seorang anak berbincang dengan ibunya.
  • Kontak sosial antar individu dengan kelompok. Misal, seorang narasumber bebicara di depan peserta seminar.
  • Kontak sosial antar kelompok misal, sebuah perusahaan memberi order pekerjaan kepada perusahaan lain.
Sifat-Sifat Kontak Sosial
  • Bersifat Positif jika menghasilkan kerja sama dan bersifat negatif jika menghasilkan konflik
  • Bersifat primer jika pelaku interaksi interaksi interaksi bertemu muka langsung. Misalnya. guru mengajar di kelas, atasan memanggil bawahan, dan lain-lain. bersifat sekunder jika melalui suatu perantara. Misalnya. percakapan melalui telepon. Kontak sosial sekunder dapat terjadi secara langsung atau tidak langsung, secara langsung misalnya kepada kepala sekolah memangggil guru agar menghadap.Kontak sosial sekunder tidak langsung, misalnya kepala sekolah memanggil guru melalui pesuruh kantor. 

2.)  Komunikasi

Komunikasi adalah hal yang terpenting dalam interaksi sosial, adanya kegiatan antar individu yang saling bertukar pikiran, saling menafsirkan perilaku (Pembicaraan, Gerakan, Fisik, Sikap, Mimik dan lain-lain)

Unsur-unsur Komunikasi
  • Komunikator, yaitu seorang atau sekelompok orang yang menyampaikan pesan,perasaan,pendapat, gagasan, atau pokok-pokok pikiran kepada orang atau kelompok lain.
  • Komunikan, yaitu seorang atau sekelompok orang yang menerima pesan, perasaan, pendapat, atau pokok-pokok pikiran dari pihak lain.
  • Pesan, yaitu segala sesuatu yang disampaikan oleh komunikator. pesan dapat berupa informasi, intruksi, pikiran, dan perasaan.
  • Media, yaitu sarana untuk menyampaikan pesan. Media komunikasi dapat berupa lisan, tulisan, gambar, dan lain-lain.
  • Efek, yaitu perubahan yang terjadi pada komunikasi setelah mendapat pesan dari komunikator.
Adanya komunikasi menimbulkan kontak sosial. akan tetapi. adanya kontak sosial belum tentu menumbulkan komunikasi. seseorang turis berbicara dalam bahasa inggris kepada tukang becak yang tidak bisa berbahasa inggris. Kontak sosial atar turis dan tukang becak terjadi, tetapi tidak ada komunikasi karena komunikan tidak memahami pesan yang disampaikan komunikator.

Interaksi sosial juga dapat terjadi melalui komunikasi nonverbal. Setiap pihak menyadari keberadaan pihak lain yang dapat menyebabkan perubahan perasaan. misalnya, seseorang memakai minyak wangi yang baunya menyengat sehingga orang yang berpapasan denganya menoleh. kesan dalam pikiran orang yang berpapasan tadi mendorongnya untuk menolehkan kepada dan mencari tahu asal bau tersebut.

Cukup sekian dari echotuts, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima kasih banyak atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.

Lastest update : 23 August 2015
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Hidup Sehat
AUTHOR
3 May 2015 at 09:29 delete

Mantap gan, bermanfaat sekali

http://goo.gl/zQkN7s

Reply
avatar