Sejarah Robert Hooke Sebagai Penemu Sel (Celula)

Sejarah Robert Hooke Sebagai Penemu Sel (Celula) - echotuts

Sejarah Robert Hooke Sebagai Penemu Sel (Celula)

Robert Hooke adalah seorang naturalis asal inggris yaitu memainkan peranan penting dalam revolusi sains melalui penelitian dan publikasi teori. Pada tahun 1665, Hooke mempublikasikan Mikrographia, sebuah buku yang menjelaskan observasinya menggunakan mikroskop dan teleskop. Buku itu juga memuat observasi Hooke pada makhluk hidup. Hooke menciptakan istilah sel untuk menjelaskan bagian makhluk hidup yang diamati.

Tubuh makhluk hidup tersusun atas unit-unit yang disebut dengan sel. Makhluk hidup ada yang tersusun dari satu sel atau disebut uniseluler. Sel pertama kali diamati oleh Robert Hooke pada tahun 1665. Hooke menggunakan mikroskop untuk mengamati syaatan gabus. Pada sayatan diamatinya, Hooke melihat melihat ruang-ruang kecil, yang kemudian diberi nama sel. Kata sel berasal dari bahasa latin, yaitu celula yang berarti ruang kecil. Ruang-ruang kecil yang diamati Hooke ternyata adalah sel-sel gabus. Akan tetapi, sel-sel gabus yang diamati Hooke merupakan sel. Sel yang tidak lagi hidup atau sel yang sudah mati, kosong dan tanpa isi.

Robert Brown pada tahun 1831 memperjelas definisi sel, menururt brow, sel adalah suatu ruangan kecil yang dibatasi oleh membran, di mana di daman membran tersebut terdapat cairan yang disebut protoplasma. Pada tahun 1839, Theodor Schwann. Mengemukakan bahwa semua organisme tersusun atas sel. Hugo Von Mohl pada tahun 1846 membedakan antara protoplasma dengan cairan sel, yang pada tahun 1862 oleh Kolliker disebut dengan istilah sitoplasma, Rudolf Virchov menyatakan bahwa sel berasal dari sel sebelumnya, Pernyataan Virchov diperkuat oleh penelitian Louis Pasteur yang dilakukan pada tahun 1859-1861.

Baca juga :

Cukup sekian dari echotuts semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.
Previous
Next Post »