Pengertian dan Macam-macam Sel Berdasarkan Struktur Membran Inti

Pengertian dan Macam-macam Sel Berdasarkan Struktur Membran Inti - echotuts

Pengertian Sel (Celula)

Kata sel berasal dari bahasa latin, yaitu celula yang berarti ruang kecil. Sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil dari makhluk hidup. Sel sebagai unit Struktural merupakan Penyusunan tubuh organisme, baik uniseluler maupun multiselule. Sel juga merupakan unit fungsional yang mengatur proses dan aktivasi kehidupan organisme. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. Karena itulah sel dapat berfungsi secara atonom asalkan seluruh kebutuhan hidupnya terpenuhi. Dan berdasarkan perbedaan struktur membran inti, sel dikelompokan menjadi dua, yaitu sel prokariotik dan eukariotik.

Macam-macam Sel (Celula) Berdasarkan struktur Membran Inti

  • Sel Prokariotik adalah sel yang tidak memiliki membran inti (Pro = Sebelum | Karyon = inti ). Organisme yang tersusun atas Sel Prokariotik disebut dengan organisme prokariot. Sel prokariotik juga tidak mempunyai sistem membran dalam (endomembran).
  • Sel Eukariotik adalah Sel yang mempunyai membran inti (Eu = sejati | Karyon = Inti). Organisme yang terusun atas Sel Eukariotik disebut dengan sel organisme Eukariot.

Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik - echotuts

Umumnya, sel berukuran sangat kecil dan dinyatakan dalam mikron, dimana satu milimeter samadengan seratus mikrometer (1 mm = 100um). Ukuran sek sangat bervariasi. Sel bakteri memiliki ukuran 1-10 um. Sedangkan sel protozoa berkisaran antara 30-40 mm. Ada pula sel yang berukuran hingga beberapa sentimeter, yaitu serabut kapas.

Baca juga :

Cukup sekian dari echotuts semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.
Previous
Next Post »