Pengertian Transpor Pasif dan Transpor Aktif pada Membran Plasma

Pengertian Transpor Pasif dan Transpor Aktif pada Membran Plasma - echotuts

Pengertian Membran Plasma
Selaput atau membran plasma terletak di lapisan paling luar sel dan membungkus suatu massa, yaitu protoplasma. Susunan membran plasma bisa diamati dalam model mosaik cair. Berdasarkan model tersebut, membran plasma tersusun atas senyawa kimia lipoprotein, yaitu gabungan dari senyawa lemak atau lipid dengan senyawa protein.

Pengertian Transpor Pasif
Transpor Pasifmerupakan perpindahan zat melalui membran plasma yang tidak memerlukan energi. Perpindahan terjadi karena perbedaan konsentrasi zat di dalam dan di luar sel. Perpindahan molekul melalui transpor pasif meliputi peristiwa osmosis dan difusi. Osmosis adalah proses perpindahan pelarut (misalnya air) melalui membran selektif permeabel. Pada osmosis, pelarut pindah dari tempat yang kosentrasi pelarut tinggi (Hipotonik) ke tempat yang konsentrasinya pelarut rendah (hipertonik). Difusi adalah perpindahan zat dalam pelarut dari tempat yang konsentrasi zatnya tinggi ke tempat yang konsentrasinya zatnya rendah.

Gambaran Transpor pasif untuk osmosis dan difusi - echotuts

Pengertian Transpor Aktif
Transpor aktif merupakan perpindahan molekul melawan gradien konsentrasi, yaitu dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi sehingga membutuhkan energi dalam prosesnya. Transpor aktif dapat dibedakan menjadi pompa ion, kotranspor, endositosis dan eksositosis. Pompa ion merupakan perpindahan ion melawan gradien konsentrasi. Terdapat hipotesis yang menyatakan bahwa pada membran plasma terdapat pengangkut yang dapat memindahkan molekul atau ion. Molekul atau ion ini dipindahkan dari membran plasma sebelah luar ke membran plasma sebelah dalam, lalu molekul tersebut dilepaskan sitoplasma.

Baca juga :

Cukup sekian dari echotuts semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.
Previous
Next Post »