Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Komando

Pada sistem ekonomi komando (sistem ekonomi pusat/perencanaan) peran pemerintah sangat dominan, secangkan peran masyarakt atau pihak swasta sangat kecil. Pada sistem ini, pemerintah menentukan; barang dan jasa apa yang akan diproduksi, dengan cara atau metode bagaimana brang tersebut diproduksi, serta kepada siapa atau untuk siapa barang tersebut diproduksi. dan kali ini echotuts akan membahas mengenai “Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Komando” atau “Kebaikan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Komando

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Komando - echotuts

Kelebihan Sistem Ekonomi Komando
  • Karena perekonomian sepenuhnya ditangani oleh pemerintah, baik dalam hal perencanaan, perngorganisasian, pelaksanaan, maupun pengawasan. Maka pemerintah lebih mudah mengendalikan inflasi, pengangguran atau berbagai keburukan ekonomi lainya.
  • Pemerintah menentukan jenis kegiatan produksi sesuai dengan perencanaan, sehingga pasar barang dalam negeri berjalan lancar.
  • Relatif terjadi krisis ekonomi karena kegiatan ekonomi direncanakan oleh pemerintah.
Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Sistem Ekonomi Komando

Kekurangan sistem ekonomi komando
  • Mematikan inisiatif individu untuk maju, sebabsegala kegiatan diatur oleh pusat.
  • Sering terjadi monopoli yang merugikan masyarakat.
  • Masyarakat tidak memiliki kebebasan dalam memiliki sumber daya.
Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Sistem Ekonomi

Cukup sekian dari echotuts semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.
Previous
Next Post »