Pengertian dan Ciri-ciri Sistem Ekonomi Pasar

Sistem adalah perpaduan beberapa subsistem yang membentuk sistem itu sendiri. Jika sistem ekonomi adalah perpaduan dari aturan-aturan atau cara-cara yang merupakan satu kesatuan dan digunakan untuk mencapai tujuan dalam perekonomian. Dan sistem perekonomian dibedakan menjadi 4 bagian yaitu Sistem Ekonomi Tradisional, Sistem Ekonomi Komando, Sistem Ekonomi Pasar dan Sistem Ekonomi Campuran dan kali ini echotuts akan membahas mengenai “Pengertian dan Ciri-ciri Sistem Ekonomi Pasar

Pengertian dan Ciri-ciri Sistem Ekonomi Pasar - echotuts

Pengertian Ekonomi Pasar
Sistem Ekonomi Pasar adalah kebalikan dari sistem ekonomi komando. Pada sistem ekonomi pasar, kegiatan ekonomi produksi, distribusi dan konsumsi. Dilakukan oleh pihak swasta. Pemerintah hanya mengawasi dan melakukan kegiatan ekonomi yang berhubungan dengan penyenggaraan Negara.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Pasar

Ciri-ciri Sistem ekonomi pasar
  • Semua sumber produksi menjadi milik masyarakat. Masyarakat mdiberi kebebasan tanpa batas untuk memilih sumber-sumber produksi.
  • Pemerintah tidak ikut campur tangan secara langsung dalam kegiatan ekonomi.
  • Masyarakat terbagi atas dua golongan, yaitu golongan pemberi kerja atau pemilik sumber daya produksi dan golongan penerima kerja (buruh).
  • Timbul persaingan dalam masyarakat. Sebagai konsekuensi adanya kebebasan memiliki sumber-sumber produksi, timbul persaingan dalam mengejar keuntungan.
  • Setiap kegiatan ekonomi didasarkan atas pencarian keuntungan
  • Kegiatan ekonomi selalu mempertimbangkan keadaan pasar. Pasar merupakan dasar setiap tindakan ekonomi. Misalnya, barang apa yang dibutuhkan masyarakat dan bagaimana memproduksi barang bermutu tinggi.
Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Sistem Ekonomi

Cukup sekian dari echotuts semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.
Previous
Next Post »