Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Komando

Sistem adalah perpaduan beberapa subsistem yang membentuk sistem itu sendiri. Jika sistem ekonomi adalah perpaduan dari aturan-aturan atau cara-cara yang merupakan satu kesatuan dan digunakan untuk mencapai tujuan dalam perekonomian. Dan sistem perekonomian dibedakan menjadi 4 bagian yaitu Sistem Ekonomi Tradisional, Sistem Ekonomi Komando, Sistem Ekonomi Pasar dan Sistem Ekonomi Campuran dan kali ini echotuts akan membahas mengenai “Pengertian dan Ciri-ciri Sistem Ekonomi Komando

Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Komando - echotuts

Sistem Ekonomi Komando (sistem ekonomi pusat/perencanaan) peran pemerintah sangat dominan, secangkan peran masyarakt atau pihak swasta sangat kecil. Pada sistem ini, pemerintah menentukan; barang dan jasa apa yang akan diproduksi, dengan cara atau metode bagaimana brang tersebut diproduksi, serta kepada siapa atau untuk siapa barang tersebut diproduksi.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Komando

Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Komando
  • Semua dan sumber daya produksi dimiliki dan dikuasai oleh Negara sehingga hak milik perorangan hampir tidak ada (tidak berlaku).
  • Pekerjaan yang tersedia dan siapa yang akan bekerja ditentukan oleh pemerintah. Takyat tidak memiliki kebebasan untuk memilih pekerjaan.
  • Kebijakan perekonomian diatur oleh pemerintah. Pemerintah membuat rencana pembangunan nasionalnya. Segala keputusan dalam perekonomian berada di tangan pemerintah. Perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan. Seluruhnya dilaksanakan oleh pemerintah.
Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Sistem Ekonomi

Cukup sekian dari echotuts semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.
Previous
Next Post »