Faktor Kelangkaan Ketersediaan Barang dan Jasa

Kebutuhan manusia begitu banyak, beragam dan terus berkembang berdasarkan waktu dan peradaban. Kebutuhan tersebut akan terus berlanjut sampai manusia menghembuskan napas terakhirnya. Sepanjang hidupnya, manusia akan selalu berusaha memenuhi berbagai kebutuhannya yang tak terbatas tersebut. Akan tetapi, tentu saja tidak semua kebutuhan bisa dipenuhi. Manusia harus melakukan pilihan di antara alternative yang paling menguntungkannya. Mengapa kita harus melakukan pilihan ? sebab jenis dan jumlah benda pemuas kebutuhan tersedia terbatas atau langka, sementara jumlah dan jenis yang dibutuhkan tidak terbatas. Inilah sebenarnya yang menjadi inti masalah ekonomi.

Faktor Kelangkaan Ketersediaan Barang dan Jasa - echotuts

Faktor Kelangkaan Ketersediaan Barang dan Jasa.
Keterbatasan Jumlah Benda Pemuas Kebutuhan yang Ada Di Alam
Di alam telah tersedia banyak benda yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Akan tetapi, karena jumlahnya pun terbatas. Contoh : Minyak bumi dan barang-barang tambang lainya yang memerlukan waktu beribu-ribu tahun untuk memperbaruinya.

Baca juga : Pengertian dan Jenis-jenis Kebutuhan

Kerusakan Sumber Daya Alam Akibat Ulah Manusia
Penebang hutan yang tidak terencana dengan baik akan mengakibatkan hutan tersebut menjadi cepat rusak dan gundul. Hal ini tentu memerlukan waktu lama untuk memperbaikinya. Contoh lain, akibat pencemaran, air tak bisa diminum. Tercemarnya air juga menyebabkan beberapa jenis ikan mati. Oleh karena itu, manusia harus berhati-hati menggunakan sumber daya alam yang tersedia. Jangan karena kesalahan manusia, sumber daya yang tersedia menjadi rusak. Kita yang hidup sekarang harus dapat mewariskan lingkungan atau sumber daya yang baik pada generasi yang akan datang.

Baca juga : Faktor-faktor yang Memperngaruhi Kebutuhan

Keterbatasan Kemampuan Manusia untuk Mengelola Sumber Daya yang Ada
Keterbatasan kemampuan untuk mengolah terjadi karena kekurangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Akan tetapi bisa juga karena kekurangan modal dan faktor-faktor lain.

Peningkatan kebutuhan manusia yang lebih cepat dibandingkan dengan kemampuan penyediaan sarana kebutuhan
Dewasa ini, pemerintah dan para pengusaha telah bekerja keras untuk menyediakan rumah murah melalui fasilitas KPR/BTN atau kredit pemilikan rumah lainya. Walaupun demikian, masih banyak orang yang tidak memiliki rumah. Mengapa demikian ? karena pertambahan penduduk lebih cepat daripada usaha penyediaan rumah.

Baca juga : Pengertian dan Faktor-faktor Produksi

Jadi intinya adalah terbatasnya benda pemuas kebutuhan tidak terbatas. Dari pembahasan tersebut dapat kita tarik benang merah bahwa inti masalah ekonomi adalah bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya yang tak terbatas dengan alat untuk benda pemuas kebutuhan yang terbatas.Cukup sekian dari echotuts. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima kasih banyak atas kunjungan dan dukungan anda ke echotuts, Have a nice day.
Previous
Next Post »