Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan

Ada banyak perbedaan kebutuhan antara satu individu dan individu lainya atau antara satu kelompok dan kelompok lainya. Ada beberapa hal yang menyebabkan kebutuhan itu berbeda. Di antaranya adalah peradaban, lingkungan, adat istiadat dan agama. Dan kali ini echotuts akan membahas mengenai “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan - echotuts

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan
Peradaban adalah salah satu faktor yang membuat kebutuhan tiap zaman berbeda. Pada zaman dahulu, peradaban manusia masih sangat rendah. Kebutuhan manusia pada masa itu masih tertuju pada kebutuhan primer. Seiring dengan perkembangan jaman, semakin berkembang pula kebutuhan manusia. Manusia membutuhkan makanan lain yang lebih bervariasi dan pakaian yang tidak seperti pakaian peradaban dulu. Dan sekarang juga manusia sangat membutuhkan teknologi dalam kehidupanya tidak seperti dahulu yang tidak adanya teknologi.

Baca juga : Pengertian dan Jenis-jenis Kebutuhan

Lingkungan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Kebutuhan masyarakat yang mendiami sebuah pesisir berbeda dengan masyarakat yang mendiami pegunungan. Penduduk pesisir lebih membutuhkan jarring, perahu, pancing atau kapal agar dapat menangkap ikan laut. Sedangkan penduduk pegunungan lebih membutuhkan cangkul, benih tanaman, atau pupuk untuk bercocok tanam.

Baca juga : Pengertian Ciri-ciri dan Tujuan Konsumsi

Adat Istiadat adalah tradisi yang dapat mempengaruhi perbedaan kebutuhan setiap infividu atau kelompok individu. Pria jawa memiliki tradisi untuk menggunakan blankon. Sementara pria di daerah lainya tidak demikian.

Agama adalah salah satu faktor yang membuat kebutuhan setiap individu berbeda. Misalnya, penganut agama Islam membutuhkan sajadah untuk salat dan dilarang mengonsumsi daging babi, sedangkan penganut agama hindu membutuhkan sesajen dalam upacara keagamaanya dan dilarang mengonsumsi daging sapi.

Baca juga : Faktor Kelangkaan Ketersediaan Barang dan Jasa

Cukup sekian dari echotuts. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima kasih banyak atas kunjungan dan dukungan anda ke echotuts, Have a nice day.
Previous
Next Post »