Pengertian dan Macam-macam Sistem Ekonomi

Pengertian dan Macam-macam Sistem Ekonomi - echotuts

Perngertian Sistem Ekonomi
Sistem adalah perpaduan beberapa subsistem yang membentuk sistem itu sendiri. Jika sistem ekonomi adalah perpaduan dari aturan-aturan atau cara-cara yang merupakan satu kesatuan dan digunakan untuk mencapai tujuan dalam perekonomian. Aturan-aturan sistem perekonomian harus dapat menjawab permasalahan barang apa yang harus di produksi ? bagaimana cara memproduksi ? dan untuk siapa barang tersebut diproduksi ? walaupun masalah pokok ekonomi pada dasarnya sama di setiap wilayah dan di setiap Negara, tetapi bagaimana cara memecahkan masalah ekonomi tersebut berbeda dari satu Negara ke Negara lainya. Hal ini dengan sendirinya mendorong terciptanya sistem ekonomi yang berbeda-beda di berbagai Negara.

Macam-Macam Sistem Ekonomi
Sistem Ekonomi Tradisional
Sistem ekonomi tradisional adalah sistem ekonomi yang ditetapkan oleh masyarakat tradisional. Sesuai dengan keadaanya yang tradisional, corak perekonomian pun bersiap tradisional. Teknik produksi dipelajari secara turun-temurun. Umumnya produksi lebih mengandalkan alam dan tenaga kerja. Hasil produksi pun terbatas hanya untuk keluarga atau kelompok.

Baca juga : Pengertian dan Ciri-ciri Sistem Ekonomi Tradisional

Sistem Ekonomi Komando
Sistem ekonomi komando (sistem ekonomi pusat/perencanaan) peran pemerintah sangat dominan, secangkan peran masyarakt atau pihak swasta sangat kecil. Pada sistem ini, pemerintah menentukan; barang dan jasa apa yang akan diproduksi, dengan cara atau metode bagaimana barang tersebut diproduksi, serta kepada siapa atau untuk siapa barang tersebut diproduksi.

Baca juga : Pengertian dan Ciri-ciri Sistem Ekonomi Komando
Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Komando

Sistem Ekonomi Pasar
Sistem ekonomi pasar adalah kebalikan dari sistem ekonomi komando. Pada sistem ekonomi pasar, kegiatan ekonomi produksi, distribusi dan konsumsi. Dilakukan oleh pihak swasta. Pemerintah hanya mengawasi dan melakukan kegiatan ekonomi yang berhubungan dengan penyenggaraan Negara.

Baca juga : Pengertian dan Ciri-ciri Ekonomi Pasar
Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Pasar

Sistem Ekonomi Campuran
Sistem ekonomi campuran adalah pemerintah dan swasta (masyarakat) saling berinteraksi dalam memecahkan masalah ekonomi. Kegiatan ekonomi masyarakat diserahkan kepada kekuatan pasar, namun sampai batas tertentu pemerintahan tetap melakukan kendali dan campur tangan. Tujuan pemerintah dalam campur tangan ini adalah agar perekonomian tidak lepas kendali sama sekali dan tidak hanya menguntungkan pemilik modal besar.

Baca juga : Pengertian Sistem Ekonomi Campuran

Cukup sekian dari echotuts semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.
Previous
Next Post »