Pengertian Transfusi Darah

Skema Transfusi Darah Manusia - echotuts

Apa itu Transfusi darah ?
Golongan darah sangat penting dalam proses tranfusi darah., Transfusi darah merupakan proses memindahkan darah dari seseorang kepada orang lain yang memerlukanya, misalnya pada orang yang mengalami kehilangan darah ketika menjalani operasi atau karena kecelakaan berat.

Dalam Transfusi darah, orang yang memberikan darah disebut donor, sedangkan penerimanya disebut resipien. Untuk melakukan transfuse darah, golongan darah donor dengan darah resipen harus sama dengan demikian diharapkan tidak terjadi penggumpalan darah atau kematian bagi resipen.

Transfusi darah sebaiknya diberikan pada golongan darah yang sama. Akan tetapi jika keadaan tidak memungkinkan transfuse dapat dilakukan dengan memberikan darah donor universal.

Kalau kita amati Golongan darah O golongan yang dapat diberikan ke semua golongan darah. Golongan darah O disebut Donor universal. Selain itu, Golongan darah A, O dan B bisa digunakan oleh golongan AB, hal itu berarti bahwa golongan darah AB dapat menerima dari semua golongan darah, golongan darah AB demikian disebut resipen universal. Meskipun golongan darah AB dapat menerima dari semua golongan darah, golongan darah AB hanya dapat memberikan darahnya pada golongan AB saja.

Cukup sekian dari artikel echotuts. semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita. Mohon maaf atas kesalahanya dan Terima Kasih atas kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.

Baca juga yang ini :
Previous
Next Post »