Proses Peredaran Darah Manusia

Peredaran darah pada manusia disebut peredaran darah rangkap karena setiap satu kali beredar  ke seluruh tubuh darah melewati jantung sebanyak 2 kali. Peredaran darah rangkap atau peredaran darah ganda terdiri atas peredaran darah besar dan peredaran darah kecil.

Proses peredaran darah manusia - echotuts

Selama jantung masih bekerja, darah kita akan selalu beredar di sepanjang tubuh . peredaran darah manusia disebut selalu berlangsung di dalam pembuluh darah. Itulah sebabnya peredaran darah manusia disebut peredaran darah tertutup.

Macam-Macam Proses Peredaran Darah Manusia

Peredaran darah besar
Peredaran darah besar adalah peredaran darah jantung ke seluruh tubuh. Peredaran darah besar dimulai dari bilik kiri jantung menuju ke tubuh bagian atas bagian bawah dengan membawa oksigen (O2) ke seluruh tubuh. Selanjutnya, darah masuk kembali ke jantung melalui serambi kanan dengan mengankut karbon dioksida.

Peredaran darah besar manusia - echotuts


Peredaran darah kecil
Peredaran darah kecil adalah peredaran darah dari jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung. Peredaran darah kecil dimulai dari bilik kanan jantung, mengankut CO2 menuju ke paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Di dalam paru-paru CO2 dilepas dan diganti dengan O2 itulah sebabnya darah yang berasal dari paru-paru kanan dan kiri kaya akan Oksigen selanjutnya darah kembali masuk ke dalam jantung melalui serambi kiri.

Peredaran Darah kecil manusia - echotuts

Cukup sekian dari echotuts. semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita. Mohon maaf atas kekuranganya. Terima Kasih banyak atas kunjungan anda. Have a nice day.

Baca juga yang ini :
Previous
Next Post »