Pengertian dan Macam-macam Pembuluh Darah

Pembuluh darah merupakan salah satu organ tubuh yang penting. Suatu saluran seperti pipa kecil yang berfungsi untuk mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh dan kembali lagi ke jantung. Pembuluh darah tersebbut mengalir karena adanya jantung yang berdetak. dan di bawah ini merupakan beberapa macam dari pembuluh darah antara lain sebagai berikut.

Pembuluh Nadi (Arteri)
Pengertian dari Pembuluh nadi atau bisa disebut dengan Arteri merupakan pembuluh yang membawa darah keluar dari jantung menuju kapiler. Pembuluh nadi yang paling besar disebut Aorta, yaitu pembuluh nadi yang meninggalkan bilik kiri jantung. Aorta memiliki satu katup dekat jantung yang berfungsi untuk mencegah darah tidak kembali mengalir ke jantung. Aorta disebut juga dengan pembuluh nadi utama.

Aorta yang keluar dari bilik kiri jantung mengalirkan darah yang banyak mengandung oksigen O2. Aorta bercabang menjadi dua pembuluh nadi, satu pembuluh nadi menuju ke tubuh bagian atas dan pembuluh darah nadi lainya menuju ke tubuh bagian bawah. Setiap pembuluh nadi akan bercabang-cabang lagi membentuk pembuluh yang lebih kecil, disebut arteriol. Selanjutnya dari masing-masing arteriol akan mengalami percabangan lebih banyak lagi membentuk pembuluh halus yang disebut Pembuluh Rambut atau nama lainya adalah Pembuluh Kapiler. Pada pembuluh kapiler inilah terjadi pertukaran gas 02 dan CO2. Oksigen dilepas ke sel-sel tubuh, sedangkan karbondioksida masuk ke pembuluh balik (Venula) untuk diangkat ke paru-paru.

Arteri dari bilik kiri jantung akan keluar menuju ke paru-paru. Arteri demikian disebut arteri paru-paru atau dengan nama lain Arteri Pulmonalis. Arteri paru-paru bercabang menjadi arteri paru-paru kanan dan arteri paru-paru kiri. Kedua arteri tersebut mengalirkan darah yang banyak mengandung karbondioksida (CO2).

Pembuluh Balik (Vena)
Pengertian dari Pembuluh balik (Vena) adalah pembuluh yang mengalirkan darah kembali lagi ke jantung. Secara umum, vena dibedakan atas vena tubuh dan vena pulmonalis. Vena Tubuh merupakan pembuluh balik yang berasal dari seluruh tubuh, kecuali paru-paru. Di dalam vena tubuh mengalir darah yang laya dengan karbon dioksida (CO2). Vena pulmonalis adalah pembuluh balik yang berasal dari paru-paru dan di dalamnya mengalirkan darah yang kaya dengan Oksigen (O2).

Setelah terjadi pertukaran gas di Pembuluh Kapiler, CO2 masuk ke dalam darah mengikuti aliran darah menuju ke jantung. Dari Pembuluh Kapiler aliran darah masuk ke cabang-cabang pembuluh balik yang berukuran halus. Pembuluh balik itu disebut dengan Venula. Darah terus mengalir sepanjang venula kemudian masuk ke dalam pembuluh balik yang sedikit lebih besar dari venula, yakni vena. Selanjutnya, aliran darah di dalam vena atau beberapa vena bermuara pada suatu pembuluh balik yang lebih besar lagi, yaitu berupa Vena Kava. Ujung vena kava tersebut pada akhirnya bermuara pada serambi kanan jantung.

Berbeda dengan vena tubuh, tubuh vena pulmonalis berakhir pada serambi kiri jantung meskipun demikian, kedua macam vena tersebut memiliki kathup-kathup di sepanjang pembuluhnya sehingga memungkinkan darah hanya mengalir ke satu arah, yakni ke jantung.

Pembuluh Arteri, Kapiler dan vena - Pembuluh darah - echotuts
Ilustrasi Pembuluh Arteri, Kapiler dan Vena.
Katup pada Vena - Pembuluh darah - echotuts
Ilustrasi Katup pada Vena.

Perbedaan Pembuluh Nadi (Ateri) dengan Pembuluh Balik (Vena)
  • Arteri memiliki dinding yang tebal dan elastis sedangkan vena memiliki dinding yang tipis dan tidak elastis.
  • Arteri memiliki saluran berukuran kecil, sedangkan vena memiliki saluran berukuran besar.
  • Arteri memiliki satu katup, sedanhkan vena mempunyai banyak katup.
  • Arteri mengalirkan darah keluar dari jantung menuju kapiler, sedangkan vena berfungsi mengalirkan darah kembali ke jantung.
  • Denyut arteri dapat dirasakan, sedangkan vena tidak bisa dirasakan.
  • Pembuluh arteri tidak dapat diamati atau dilihat. Sedangkan pembuluh vena masih dapat dilihat menembus kulit. (Garis biru yang muncul pada permukaan kulit)

Pembuluh darah arteri dan vena - pembuluh darah - echotuts
Ilustrasi Pembuluh darah bersebelahan.

Seperti yang kita pahami. Pembuluh darah merupakan saluran kecil yang berhimpitan dengan organ lainya, dan juga perjalanan pembuluh darah ke seluruh tubuh hingga ke jantung kembali bisa di bilang perjalanan yang sangat jauh. Dan jika kita mempraktekanya dengan pipa kecil yang kita pompa. Lama-kelamaan pasti akan macet. Entah terhimpit benda lain atau ada kotoran yg menyumbat. atau kita yang kelelahan. Tapi tidak dengan Pembuluh darah Arteri dengan Vena, karena gerakan jantung yang bisa dibilang sangat jauh. Vena mendapatkan bantuan dari arteri di sebelahnya untuk memompanya. Pada setiap detak jantung akan membuat arteri mengembang dan juga bisa menekan vena di sebelahnya. Di dalam vena ada katup searah yang terbuka dan tertutup untuk menjaga vena tetap bergerak. Cukup sekian dari echotuts semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima kasih atas kunjunganya. Have a Nice day.

Baca juga yang ini :
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments