Macam-macam Proses Produksi

Macam-macam Proses Produksi pengusaha kewirausahaan - echotuts

Produksi adalah penciptaan atau penambahan faedah bentuk, waktu dan tempat atas factor-faktor produksi sehingga lebih bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan manusia. Jenis barang/produk yang dikerjakan di unit produksi beragam, sehingga proses yang timbul juga banyak. Pada umumnya proses produksi dibagi menjadi dua, yaitu :

Proses produksi terus-menerus (Continuous)
Merupakan, proses produksi yang berlangsung secara terus-menerus tanpa berhenti. Sejak dimulainya kegiatan usaha selalu mengerjakan produk yang sama, sehingga proses tidak pernah terputus dengan mengerjakan barang lain. Biasanya urutan proses produksi yang lain disesuaikan dengan urutan proses produksinya agar berjalan lancer dan efisien.

Proses Produksi Terputus-putus (Intermittent)
Merupakan suatu kegiatan produksi yang tidak memiliki standar, tetapi di dasarkan pada produk yang dikerjakan, sehingga peralatan produksi yang digunakan disusun dan diatur secara fleksibel untuk dapat digunakan dalam menghasilkan berbagai produk dan berbagai ukuran. Proses produksi ini digunakan untuk pabrik yang mengerjakan bermacam-macam barang, dengan jumlah setiap macam hanya sedikit.

Cukup sekian, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita, mohon maaf atas kekuranganya, terima kasih telah berkunjung, Have a nice day :D 
Previous
Next Post »