Pengertian dan Macam-Macam Kerja Sama (Cooperation)

Proses social asosiatif (Processes of Association) adalah proses social yang menuju terbentuknya persatian atau integrasi social dan mendorong terbentuknya pranata. Lembaga, atau organisasi social. Proses ini dapat berbentuk kerja sama (cooperation), akomodasi (accommodation), asimilasi (assimilation), dan akulturasi (aculturation). Dan kali ini echotuts akan membahas tentang “Pengertian dan Macam-macam Kerja sama (Cooperation)

Pengertian dan Macam-macam Kerja sama (Cooperation)

Kerja sama adalah usaha bersama antarindividu, antar kelompok, atau antar individu dan kelompok. Kerja sama mendorong terbentuknya persatuan atau integrasi social. Kerjanya sama bertambah kuat apabila ada bahaya dari luat yang menyinggung kesetiaan yang tertanam di kelompoknya.Menururt pelaksanaanya, Macam-macam kerja sama adalah sebagai berikut.

Baca juga : Pengertian dan Bentuk-bentuk Interaksi Sosial

Macam-Macam Kerja Sama
  • Kerja sama tradisional (traditional cooperation) kerja sama ini terbentuk karena sudah menjadi tradisi, misalnya kebiasaan gotong royong membangun rumah seseorang di beberapa daerah Indonesia.
  • Kerja sama kontrak (contractual cooperation) kerja sama ini muncul atas dasar ikatan kontrak atau perjanjian, misalnya kerja sama antara karyawan dan perusahaan.
  • Kerja sama langsung (directed cooperation) kerja sama ini terbentuk karena adanya perintah atasan, misalnya kerja sama dalam suatu proyek yang diatur oleh atasan.
  • Kerja sama spontan (spontaneous cooperation) kerja sama ini muncul tanpa ada perencanaan terlebih dahulu.

Bentuk-bentuk Kerja Sama
  • Bargaining, yaitu pelaksanaan perjanjian mengenai pertumbuhan barang atau jasa antara dua pohak atau lebih.
  • Cooperation, yaitu proses penerima unsur-unsur baru dalam kepemimpinan suatu organisasi sebagai salah satu cara untuk menghindari keguncangan stabilitas.
  • Coalition, yaitu kombinasi dua organisasi atau lebih yang memiliki tujuan yang sama
  • Joint venture, kerja sama dalam proyek tertentu, misalnya pertambangan.

Baca juga : 

Cukup sekian dari echotuts, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima kasih banyak atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
25 August 2015 at 12:43 delete

ooh gtu ya gan pengertian dari kerja sama,,
Ijin copas ya gan buat tugas:D

Reply
avatar
LokerSoft
AUTHOR
26 August 2015 at 19:04 delete

Sangat membantu sekali nih artikelnya untuk tugas saya :D

Reply
avatar