Pengertian dan Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial

Menurut Gillin & Gillin menyatakan bahwa Proses Social adalah cara untuk berhubungan yang dapat dilihat apabila orang-orangan dan kelompok-kelompok manusia saling bertemu dan menentukan sistem serta bentuk-bentuk hubungan tersebut, atau apa yang terjadi apabila ada perubahan-perubahan yang menyebabkan goyahnya cara-cara hidup yang telah ada. Proses social sebagai akibat adannya interaksi social ada dua, yaitu proses Asosiatif (proses of association) dan proses social disasosiatif (Proses of disassociation).


Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial

Proses Social Asosiatif

Proses social asosiatif (Processes of Association) adalah proses social yang menuju terbentuknya persatian atau integrasi social dan mendorong terbentuknya pranata. Lembaga, atau organisasi social. Proses ini dapat berbentuk kerja sama (cooperation), akomodasi (accommodation), asimilasi (assimilation), dan akulturasi (aculturation).

Kerja sama (Cooperation)
Kerja sama adalah usaha bersama antarindividu, antar kelompok, atau antar infividu dan kelompok. Kerja sama mendorong terbentuknya persatuan atau integrasi social. Kerjanya sama bertambah kuat apabila ada bahaya dari luat yang menyinggung kesetiaan yang tertanam di kelompoknya.

Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Kerja Sama ( Cooperation )

Akomodasi (Accomondation)
Akomodasi memiliki dua arti yaitu sebagai keaadaan dan sebagai proses yang sedang berlangsung, akomodasi sebagai keaadaan merujuk pada keseimbangan interaksi social. Akomodasi sebagai suatu proses mengacu pada usaha-usaha manusia untuk mengadakan atau menyelesaikan pertentangan tanpa menghancurkan lawan.

Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Akomodasi (Accomondation)

Asimilasi (assimilation)
Asimilasi adalah upaya untuk mengurangi perbedaan antar individu atau antar kelompok guna menghasilkan suatu kesepakatan berdasarkan kepentingan dan tujuan-tujuan bersama. Asimilasi terjadi pada masnyarakat yang berbeda kebudayaan sehingga terbentuk kebudayaan baru dalam waktu lama. Asimilasi terjadi setelah melalui tahap kerja sama dan akomodasi.

Baca juga : Pengertian Syarat dan Faktor Asimilasi (Assimilation)

Akulturasi (Aculturation)
Akulturasi adalah hasil perbaduan dua budaya yang berbeda, membentuk suatu kebudayaan baru dengan tidak menghilangkan cirri-ciri budaya masing-masing. Proses akulturasi berlangsung dalam waktu relative lama, misalnya, puden berundak-undak dalam kebudayaan hindu dipadukan dengan masjid dalam kebudayaan islam menghasilkan atsitektur masjid demak yang atapnya bertingkat-tingkat.

Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Akulturasi (Aculturation)


Proses Sosial Disasosiatif

Proses social disasosiatif disebut juga dengan proses oposisi. Proses ini merupakan cara yang bertentangan dengan seseorang atau kelompok untuk mencapai tujuan tersebut. Proses social yang berbentuk disasosiatif dapat dibedakan atas tiga bentuk, yaitu pesaingan (Competition), Kontravesi (Contravension), dan konflik (conflict)

Pesaingan (Competition)
Pesaingan adalah suatu proses social ketika antar individu atau antar kelompok manusia bersaing untuk mendapatkan sesuatu. Pesaingan tersebut bisa bersifat probadi atau kelompok.

Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Persaingan (Competition)

Kontravensi (Contravension)
Kontravensi adalah suatu proses social yang berada antara pesaingan dan pertengahan. Kontravensi ditandai dengan adanya gejala-gejala ketidak pastian diri seseorang, ketidak pastian suatu rencana. Perasaan tidak suka yang disembunyikan, atau kebencian maupun keraguan terhadap keprivadian seseorang. Kontravensi biasanya bersifat rahasia.

Baca juga : Pengertian dan Bentuk-bentuk Kontravensi (Contravension)

Konflik (Conflict)
Konflik adalah proses social yang terjadi ketika pihak yang satu perusahaan menyingkirkan pihak-pihak lain dengan cara menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya.

Baca juga : Pengertian dan Bentuk-bentuk Konflik (Conflict)
Baca juga : Macam-macam Status Peranan Individu Dalam Interaksi Sosial

Cukup sekian dari echotuts, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima kasih banyak atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.
Previous
Next Post »