Macam-macam Status Peranan Individu Dalam Interaksi Sosial

Status dan peran dari seseorang sangat memperngaruhi kepribadiannya cara atau bentuk interaksi sosialnya. Perbedaan status bisa mempengaruhi Sikap Individunya dalam proses sosial. Perbedaan cara bersikap seseorang menunjukan adanya perbedaan status sosial orang tersebut. Seperti halnya, cara bicara seorang pengacara akan berbeda dengan cara bicara seorang pedagang biasa. Semua itu terjadi karena perbedaan karakter individu dalam proses sosial. Perbedaan tersebut bisa kita ambil pendapat atau bisa kita tentukan peran seseorang tersebut, peran seseorang sangat menentukan perilakunya. Dan kali ini echotuts akan membahas tentang “Macam-macam Status Peranan Individu Dalam Interaksi Sosial

Bill gates Microsoft - Contoh Achieved Status - Status Peranan Individu Dalam Interaksi Sosial - echotuts
Contoh Achieved Status : Bill Gates Pendiri Microsoft + Orang Terkaya di dunia.

Status (Kedudukan)

Status sosial adalah posisi seseorang dalam kelompok masyarakat secara umum sehubungan dengan keberadaan orang lain di sekitarnya. Status sosial meliputi lingkungan pergaulan, profesi, harga diri, hak dan kewajiban. Seseorang dapat mempunyai beberapa status atau kedudukan secara ikut serta dalam berbagai pola kehidupan. Menurut Ralph Linton dalam Soekanto (1994:261), dilihat dari proses terjadinya, status sosial seseorang terbagi atas tiga bagian, yaitu :

Ascribed Status
Ascribed Status didapatkan secara otomatis melalui kelahiran atau keturunan keluarganya. Diperoleh tanpa melalui suatu bentuk usaha tertentu untuk mencapainya. Misalnya, Kedudukan sebagai putra mahkota, kasta pada masyarakat Hindu dan lain-lain. Status ini bersifat tertutup, yaitu hanya terdapat pada orang-orang tertentu.

Achieved Status
Achieved Status didapatkan melalui usaha-usaha yang dilakukannya. Achieved Status merupakan status sosial yang terbuka bagi setiap orang karena semua orang dapat mencapainya asalkan memenuhi syarat-syarat tertentu. Misalnya, Dosen, Guru, Dokter, Pilot dan lain-lain.

Assigned Status
Assigned Status adalah pemberian dari orang lain untuk dirinya. Status ini umumnya diberikan kepada orang yang berjasa memperjuangkan sesuatu yang baik untuk semua orang. Contoh. Pemberian gelar Pahlawan pada Bung Tomo, Bapak koperasi kepada Drs. Moh. Hatta yang telah berjasa dalam perjuangan Indonesia.

Peran Sosial

Peran sosial adalah pelaksanaan hak dan kewajiban seseorang sesuai dengan status sosialnya. Jika seseorang telah melaksanakan kewajiban dan meminta haknya sesuai dengan status sosial yang disandangnya, maka dia telah melaksanakan peranya. Status dan peran tidak dapat dipisahkan karena tidak ada peran tanpa status dan sebaliknya. Contoh, pak echotuts terpilih sebagai ketua RT. Dia harus menjaga lingkunganya tetap bersih dan tentram, membantu warga-warganya. Dan lain-lain

Baca juga : 

Cukup sekian dari echotuts, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima kasih banyak atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.
Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
Luluh Wijaya
AUTHOR
24 August 2015 at 11:16 delete

jadi begitu ya gan..
nice info gan

Reply
avatar
24 August 2015 at 11:21 delete

Nice Artikel ,,
Mampir2 di blog ane : www.femalialatifabilqis.blogspot.com

Reply
avatar