Manfaat dan Khasiat Tanaman Adas (Foeniculum Vulgare)

Tanaman Adas atau dalam bahasa latin adalah “Fieniculum vulgare Mill” yang merupakan Sembilan tumbuhan obat yang dianggap di anglo-saxon. Tepatnya di Indonesia dibudayakan dan kadang sebagai tanaman bumbu atau tanaman obat. Tidak hanya itu ternyata Tanaman adas memiliki banyak manfaat dan khasiat di dalamnya. Dan kali ini echotuts akan membahas tentang “Manfaat dan Khasiat Adas (Foeniculum Vulgare)

Manfaat dan Khasiat Bunga Adas (Foeniculum Vulgare) - echotuts
Bunga Pada Tanaman Adas

Turnbuhan Adas dapat hidup dari dataran rendah sampai ketinggian 1.800 m di atas permukaan laut, namun akan tumbuh lebih baik pada dataran tinggi. Tumbuhan adas berasal dari Eropa Selatan dan Asia, dan karena manfaatnya kemudian banyak ditanam di Indonesia, India, Argentina, Eropa, dan Jepang. Terna berumur panjang, tinggi 50 cm - 2 m, tumbuh merumpun.

pohon dan batang adas - Manfaat dan Khasiat tanaman Adas (Foeniculum Vulgare) - echotuts
Batang Pohon Adas
Pada batang tanaman adas dalam satu rumpun tanaman adas biasanya mempunyai 3-5 buah batang, batang adas mempunyai warna hijau agak kebiruan, batang mempunyai alur dan beruas serta berlubang, pada batang mempunyai bau yang wangi jika memar.

Daun Tanaman adas - Manfaat dan Khasiat tanaman Adas (Foeniculum Vulgare) - echotuts
Daun Tanaman Adas
Pada Daunya tanaman adas mempunyai letak daun yang berseling dan majemuk, mempunyai panjang 30 sampai 50 cm, lebar daun 5 cm sampai 7 cm berwarna hijau muda, daunya menyirip ganda dengan posisi sirip yang letaknya menyempit berbentuk jarum, mempunyai bentuk runcing pada ujung dan pangkalnya.

Bunga tanaman adas - Manfaat dan Khasiat tanaman Adas (Foeniculum Vulgare) - echotuts
Bunga Tanaman Adas
Pada Bunganya tanaman adas mempunyai bunga yang berbentuk sepertipayung majemuk dengan diameter 5cm sampai 15 cm. panjang gagang buanga adas kira-kira 2mm sampai 55mm, kelopak bunga berbentuk tabung dengan warna hijau, mahkota bunga berwarna kuning dan tumbuh keluar dari ujung batang.

Buah tanaman adas - Manfaat dan Khasiat tanaman Adas (Foeniculum Vulgare) - echotuts
Buah Tanaman Adas

Pada buahnya, buah tanaman adas berbentuk seperti biji kering dan lonjong, berusuk dengan panjang antara 6-10 mm serta lebar 3-4 mm. buahnya berwarna hijau untuk yang masih muda dan coklat tua untuk yang sudah tua. Biasanya untuk buah yang sudah matang, akan mengeluarkan aroma yang cukup khas, Lonjong beraroma kuat dan manis, dengan rasa seperti kamfer.

Klasifikasi Tanaman Adas
Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Magnoliopsida (Berkeping dua / dikotil)
Ordo : Apiales
Famili : Apiaceae
Genus : Foeniculum
Spesies : Foenicukum vulgare

Tanaman adas bisa menghasilkan minyak yang dihasilkan dari proses suling sebuk-serbuk buah adas yang sudah matang dan kering, Minyak adas terdiri dari 2 jenis minyak yaitu minyak adas manis dan pahit. Karena manfaat adas sebagai tanaman herbal mempunyai sifat menyembuhkan maka tanaman ini banyak dijadikan sebagai bahan baku dalam industri pembuatan obat-obatan. Dan salah satu contohnya adlah Minyak telon.
Komposisi dan kandungan pada adas tergelong mempunyai komposisi dan kandungan yang cukup banyak, dan dapat mengobati banyak penyakit. Komposisi atau kandungan zat kimia di dalamnya adalah 50-60% anetol, minyak asiri (Oleum Foeniculi) 1-6%, 20% fenkon, asam anisat, felandren, pinen, limonen, anisaldehid, dipenten, metilchavikol, dan 12% minyak lemak. Karena ada kandungan anetol maka menyebabkan adas mengeluarkan aroma yang khas dan berkhasiat karminatif. Akar adas mengandung bergapten. Akar dan biji mengandung stigmasterin (serposterin). Minyak yang dihasilkan dari adas adalah minyak adas (fennel oil). Dan dari semua keterangan di atas bisa kita simpulkan bahwa tanaman adas memiliki cukup banyak kandungan dan komposisi yang bisa berguna untuk tubuh manusia. Beberapanya adalah Pereda rasa nyeri, menurunkan kadar asam urat tinggi, anti mulas, pelega perut, penambahan rasa alami, mengatasi batuk, sariawan dan di bawah ini merupakan Khasiat dan Manfaat dari Tanaman Adas.

Khasiat dan Manfaat dari Tanaman Adas
Untuk Sariawan
Siapkan adas 3/4 sendok teh, ketumbar 3/4 sendok teh, daun iler 1/5 genggam, daun saga 1/4 genggam, sisik naga 1/5 genggam, daun sembung 1/4 genggam, pegagan 1/4 genggam, daun kentut 1/6 genggam, pulosari 3/4 jari, rimpang lempuyang wangi 1/2 jari, rimpang kunyit ½ jari, kayu manis ¾ jari, gula merah 3 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Bahan-bahan tadi lalu direbus dengan 4 1/2 gelas air bersih sampai tersisa separonya. Setelah dingin disaring, siap untuk diminum. Sehari 3 kali, setiap kali cukup 3/4 gelas.

Untuk Haid tidak teratur 
Siapkan daun dan bunga srigading masing-masing.1/5 genggam, jinten hitam 3/4 sendok teh, adas 1/2 sendok teh, pulosari 1/2 jari, bunga kesumba keling 2 kuntum, jeruk nipis 2 buah, gula batu sebesar telur ayam, dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Bahan-bahan tadi lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring, minurn 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas. Keracunan tumbuhan obat atau jamur Siapkan serbuk buah adas sebanyak 5 g, lalu seduh dengan setengah cangkir arak. Minum selagi hangat.

Untuk Batuk 
Cara satu : Siapkan serbuk buah adas sebanyak 5 g disedub dengan 1/2  cangkir air mendidih. Setelah dingin disaring, tambahkan 1 sendok teh madu. Aduk sampai merata, minum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari, sampai sembuh.

Cara dua : Siapkan daun saga 1/4 genggam, bunga kembang sepatu 2 kuntum, daun poko 1/5 genggam, bunga tembelekan 10 kuntum, bawang merah 2 butir, adas 1 sendok teh, pulosari 1 jari, rimpang jahe 1 jari, gula merah 3 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin disaring, lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Untuk Sesak Napas 
Cara Satu :  Siapkan adas 1/2 sendok teh, pulosari ¼ jari, rirnpang kencur 2 jari, rirnpang temulawak 1 jari, jintan hitam 114 sendok teh, daun poncosudo (Jasminum pubescens) 1/4 genggam, gula merah 3 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Baban-bahan tadi lalu direbus dengan 4 1/2 gelas air bersih sampai tersisa kira-kira separonya. Setelah dingin disaring, dan siap untuk diminum. Sehari 3 kali, masing-masing 3/4 gelas.

Cara Dua  Ambil minyak adas sebanyak 10 tetes diseduh dengan 1 sendok makan air panas. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari, sampai sembuh.

Untuk Batu Empedu
Serbuk buah adas sebanyak 5 g diseduh dengan 1 cangkir air panas. Min

Cukup sekian artikel dari echotuts, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita. Mohon maaf atas kekurangannya dan Terima Kasih telah berkunjung ke echotuts.

Update : 03/08/15

Baca juga yang ini :
Previous
Next Post »