Manfaat dan Khasiat Tanaman Alang-Alang (Imperata Cylindrica (L.)Beauv.)

Tanaman Alang-alang dengan nama Latin “Imperata Cylindrica(L) Beauv.” Merupakan tanaman sejenis rumput yang berdaun tajam yang kerap menjadi gulma pada lahan pertanian.  Di balik bentuk yang menyerupai rumput-rumputan besar ternyata memiliki banyak khasiat dan manfaat di dalamnya. Dan kali ini echotuts akan membahas mengenai “Manfaat dan Khasiat Alang-alang (Imperata Cylindrica (L.)Beauv.)

Manfaat dan Khasiat Tanaman Alang-Alang (Imperata Cylindrica (L.)Beauv.) - echotuts
Tanaman Alang-alang yang tumbuh di hutan dan liar.
Tanaman Alang-Alang tumbuh tegak biasanya dengan ketinggian sekitar 0.5 – 1.5 m atau bisa lebih. Merupakan tanaman dengan perkembang biakan termasuk cepat, karena benih-benihnya yang tertiup angin dan menyebar. Atau melalui rimpang yang lekas menembus tanah yang gembur. Berbatang padat, beruas, bulat dan berambut jarang. Alang-alang tidak cocok tumbuh pada tah yang gersang atau berbatu. Pada dasarnya juga alang-alang tumbuh dengan liar di lading, lapangan luas berumput dan hutan pada daerah yang cukup untuk mendapatkan sinar matahari langsung.

Pada helaian Daun tanaman alang-alang memiliki bentuk yang memanjang seperti pita. Dengan warna hijau dengan sedikit merah-kemerahan jika umurnya memasuki usia tua Dengan pangkal yang menyempit dn berbentuk talang dengan panjang 12-80 cm, berambut panjang pada pangkalnya bertepi sangat kasar dan bergerigi tajam. pada  Dengan tulang daun yang lebar dan juga pucat di tengahnya. Jika bersentuhan dengan rambut dan duri dari tanaman alang-alang akan menimbulkan luka dan rasa gatal.

Rumput dengan tudans panjang dan bersisik, merayap di bawah tanah. Pada ujung tunasnya yang muncul dari dalam tanah berbentuk runcing dan tajam. Pada batangnya menjulang naik ke atas dengan batang pendek mempunyai diameter tangkai 1 – 3 mm pada bagian putik memiliki bentuk merupai bulu ayam.
Pada bunga tanaman alang-alang mempunyai susunan bulir yang majemuk serta agak menguncup, panjang sekitar 6-28 cm pada setiap cabangnya terdiri dari 2 butir. Panjang bulir 3mm, pada pangkal bulir terdapat rambut halus yang memanjang dan padat berwarna putih, agak menguncup dan mudah di tiup angin.

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Alang-Alang
Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi : spermatophyra (Menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Liliopsida (Berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas : Commelinidae
Ordo : Poales
Familia : Poaceae (Suku Rumput-rumputan)
Genus (Marga) : Imperata
Spesies : Imperata Cylindrica (L.) Beauv.

Khasiat dan Manfaat Alang-alang
Pada akar alang-alang bersifat/berasa manis dan sejuk. Pada alang-alang memiliki sifat tonik. Pereda demam (anti piretik), Peluruh kencing (Diuretik) dan menurunkan tekanan darah tinggi (hemostatik) diuretik juga dimiliki oleh tunas muda alang-alang. Pada akar alang-alang mengandung metabolit yang terdiri dari arundoin, femenol, isoarborinol, silindrin, simiarenol, kompesterol, stigmaterol, Skopoletin, B-sitosterol, skopolin, P-hidroksibenzaladehida, asam klorogenat, katekol, asam isoklogenat, asam p-kumarat, asam asetat, asam neoklorogenat, asam oksalat, asam d-malat, asam sitrat, potassium (0,75% dari berat kering), sejumlah besar kalsium dan 5-hidroksitriptamin.

Alang-alang sebagai tanaman obat bermanfaat untuk mengobati Pembengkakan karena terbentur, Pembengkakan akibat radang ginjal akut, Keputihan pada wanita,  Pendarahan pada wanita, Mengobati infeksi pada saluran pencernaan, Gangguan pencernaan,  Susah buang air kecil, kencing terus menerus, Urat saraf melemah, Tekanan darah tinggi,  Jantung koroner, Batuk, flu, diare, Radang pada paru-paru, Asma, Gonorea ( kencing nanah ), Pendarahan akibat panasnya darah, misal mimisan, batuk darah, muntah darah dll

Resep Alang-Alang untuk obat penyakit ginjal akut.
  1. Sediakan akar alang-alang segar sebanyak 60-120 gram.
  2. Potong-potong akar alang-alang hinga kecil-kecil.
  3. Cuci hingga bersih.
  4. Rebus akar tersebut dengan air bersih sebanyak 3 gelas.
  5. Tunggu , biarkan rebusan mendidih dan menyisakan 1 gelas
  6. Dinginkan dan saring air rebusan.
  7. Dan selamat menikmati. Pemakaian secara rutin 2 kali sehari.

Resep untuk Kencing berdarah
  1. Sediakan akar alang-alang segar 100 gram
  2. Cuci hingga bersih.
  3. Rebus dengan 2 gelas air bersih.
  4. Tunggu hingga mendidih hingga tersisa 1 gelas
  5. Dinginkan dansaring.
  6. Selamat menikmati dengan pemakaian rutin 2x sehari.

Resep Alang-alang untuk Meluruhkan Air Seni
  1. Siapkan 40 sembalan rimpang yang kering.
  2. Potong kecil-kecil
  3. Rebus rimpang dengan 2 gelas air bersih.
  4. Tunggu hingga mendidih dan tersisa 1 gelas
  5. Dinginkan dan saring.
  6. Selamat menikmati dengan pemakaian rutin 2 kali sehari.

Cukup sekian artikel dari echotuts. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima kasih atas kunjungan anda ke echotuts.

Update : 04/08/15

Baca juga yang ini :
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
silvi landa
AUTHOR
22 December 2015 at 11:03 delete

Manfaat Tersembunyi alang-alang Yang Belum Di Ketahui
Agen Sbobet

Reply
avatar