Pengertian dan Macam-macam Organel Sel

Pengertian dan Macam-macam Organel Sel - echotuts

Organel-organel terdapat di dalam sel dengan fungsinya masing-masing. Tiap organel biasanya dipisahkan oleh membran dua rangkap (bilayer). Keberadaan organel membuat sel dapat menjalankan peran kehidupannya.

Macam-macam Organel Sel yang terdapat dalam sel Hewan dan Tumbuhan

Inti Sel
Inti sel adalah organel terbesar yang paling jelas terlihat ketika diamati dengan mikroskop. Diameter rata-rata inti sel . diameter rata-rata inti sel sebesar 5 um. Inti sel merupakan tempat sintesis DNA dan RNA. Inti sel berfungsi untuk mengatur keseluruhan aktivitas sel.

Retikulum Endoplasma (RE)
Retikulum Endoplasma mempunyai struktur menyerupai kantong pipih. RE bermuara di inti sel . RE juga terhubung dengan membran inti sel. RE tersebar dan menutupi sebaian besar sitoplasma.

Ribosom
Ribosom berbentuk bulat terdiri dari dua bagian yaitu subunit besar dan kecil. Ribosom ada yang melekat di sepanjang RE dan ada pula yang bebas (soliter). Ribosom merupakan organel sel terkecil yang tersebar di dalam sel. Ribosom berfungsi untuk melangsungkan sintesis protein. Ribosom yang tersebar bebas akan mensintesis protein yang berfungsi di dalam sitoplasma.

Mitokondria
Mitrokondria sangat penting bagi metabolisme energi dalam sel. Mitokondria diselubungi oleh membran rangkap (dua lapis membran). Membran mitokondria bidang dalam berlekuk-lekuk dan disebut krista. Krista berfungsi untuk memperluas bidang permukaan mitokondria, sehingga proses respirasi seluler berlangsung lebih efektif. Matriks Mitokondria berupa cairan yang bersifat gel dan tersusun atas air, protein, garam, DNA, ion-ion dan enzim tertentu, misalnya enzim-enzim yang digunakan pada siklus krebs. Fungsi mitokondriana adalah sebagai pusat respirasi seluler yang menghasilkan ATP (Adenosin Triphoshate, berguna sebagai energi bagi tubuh). Fungsi ini menyebabkan mitokondria diberi julukan “The Power House”.

Lisosom
Lisosom adalah organel seperti vakuola (vakuola kantong) berbentuk bulat, yang menyekresikan enzim-enzim pencerna bahan makanan . Enzim-enzim yang dihasilkan lisosom juga berguna dalam mematikan sel. Lisosom akan melepaskan zat-zat yang menghancurkan sel yang telah mati. Proses ini disebut sebagai Pencernaan Intraseluler. Salah satu enzim yang dihasilkan lisosom ialah lisoim yang dapat menghancurkan sel bakteri.

Badan Golgi (Apparatus Golgi/Diktiosom)
Badan Golgi ditemukan oleh seorang italia bernama Camillo Golgi. Organel ini banyak dijumpai pada organ tubuh yang melaksanakan fungsi ekskresi, misalnya ginjal. Badan Golgi juga berperan dalam memproses dan mengemas protein. Badan goldi juga berperan dalam sintesis polisakarida.

Peroksisom
Peroksisom Merupakan organel yang dapat ditemui hampir di seluruh sel eukariotik. Ukuran peroksisom lebih kecil dari mitokondria dan memiliki satu membran. Peroksisom berperan dalam metabolisme asam lemak dan metabolit lainya. Enzim Katalase pada peroksisom berguna dalam menetralkan hidrogen peroksida (H2O2) yang bersifat racun (toksin). Proses penguraian hidrogen peroksida oleh enzim katalase berlangsung sebegai berikut.
Enzim Katalase :
H2O2 --------------> H2O + O2

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan dan bagian-bagianya - echotuts

Macam-Macam Organel Sel yang hanya dimiliki Tumbuhan

Dinding sel
Dinding sel dapat dibedakan menjadi lamela tengah, yaitu lapisan atau subtansi antarsel yang berdekatan, dinding primer dan dinding sekunder. Dinding sel dipisahkan dari sitoplasma membran plasma yang disebut juga plasmalema.

Vokuola
Vokuola pada tumbuhan adalah organel sel yang berukuran paling besar. Vakuola menepati 90% dari volume protoplas dan bentuk seperti rongga berisi cairan dalam sitoplasma. Yang berfungsi memelihara tekanan turgor sel, yaitu mengatur gerakan osmosis cairan dari luar ke dalam sel.

Plastida
Plastida adalah organel khas yang memiliki membran rangkap. Plastida mengandung berbagai pigmen. Bentuk, warna dan ukuran plastid bermacam-macam sesuai dengan fungsinya.

Glioksisom
Glioksisom terdapat pada biji dan menghasilkan enzim yang dapat mengurai lemak menjadi karbohidrat. Proses penguraian ini akan menghasilkan energy untuk selama dan sesudah perkecambahanbiji. Enzim tersebut juga dapat ,emgurangi hydrogen peroksida (H2O2).

Ada juga organel yang hanya ditemui pada sel hewan. organel itu adalah Sentriol. Sentriol berbentuk seperti bintang dan berperan dalam pembelahan sel, baik mitosis maupun meiosis.

Baca juga :

Cukup sekian dari echotuts semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.
Previous
Next Post »