Pengertian dan Macam-macam Akulturasi (Aculturation)

Proses social asosiatif (Processes of Association) adalah proses social yang menuju terbentuknya persatian atau integrasi social dan mendorong terbentuknya pranata. Lembaga, atau organisasi social. Proses ini dapat berbentuk kerja sama (cooperation), akomodasi (accommodation), asimilasi (assimilation), dan akulturasi (aculturation). “Pengertian dan Macam-macam Akulturasi (Aculturation)

Contoh Akulturasi (Aculturation) - echotuts

Pengertian Akulturasi
Akulturasi adalah hasil dari perpaduan dua budaya berbeda yang membentuk suatu budaya baru dengan lambat laun akan diterima olehnya dan diolah ke dalam budaya baru atau sendiri oleh masing-masing tanpa menghilangkan cirri-ciri asli masing-masing budaya. Proses akulturasi berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Contoh akulturasi adalah saat budaya rock digabungkan dengan bahsa jawa dan menghasilkan musik rock dengan bahasa jawa.

Baca juga : Pengertian dan Bentuk-bentuk Interaksi Sosial

Macam-macam Akulturasi
Akulturasi damai (penetration pasifique) adalah unsur-unsur budaya asing dibawa secara damain tanpa paksaan dan disambut dengan baik oleh masyarakat yang menerima budayanya.
Akulturasi ekstrim adalah kekerasan, peperangan, penaklukan akibat adanya unsur-unsur budaya kebudayaan asing dari pihak pemberi dan memaksakan berada di pihak masyarakat penerima.

Baca juga : 

Cukup sekian dari echotuts, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima kasih banyak atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.
Previous
Next Post »