Pengertian dan Macam-macam Persaingan (Competition)

Proses social disasosiatif disebut juga dengan proses oposisi. Proses ini merupakan cara yang bertentangan dengan seseorang atau kelompok untuk mencapai tujuan tersebut. Proses social yang berbentuk disasosiatif dapat dibedakan atas tiga bentuk, yaitu pesaingan (Competition), Kontravesi (Contravension), dan konflik (conflict). Dan kali ini echotuts akan membahas tentang “Pengertian dan Macam-macam Persaingan (Competition)

Pengertian dan Macam-macam Persaingan (Competition) - echotuts

Pengertian Persaingan
Persaingan adalah suatu proses social ketika antar individu atau antar kelompok bersaing untuk mendapatkan sesuatu / tujuan / keuntungan. Persaingan tersebut bersifat pribadi dan kelompok.

Baca juga : Pengertian dan Bentuk-bentuk Interaksi Sosial

Macam-macam Persaingan
  • Persaingan Bersifat Pribadi adalah persaingan yang terjadi ketika individu bersaing dengan satu orang atau lebih yang merupakan perorangan bersaing merebutkan sesuatu atau tujuan mereka. Contoh : persaingan (rivalry) memperebutkan gelar juara dalam pertandingan matematika.
  • Persaingan Bersifat Kelompok adalah persaingan ketika dua kelompok atau lebih bersaing secara bebas tetapi sportif dalam memperebutkan tujuan mereka, Contoh : persaingan tim sepak bola dalam suatu kejuaraan sepak bola.
  • Persaingan bisa terjadi di hampir setiap bidang kehidupan kita, seperti bidang ekonomi, pendidikan, politik, kebudayaan, cinta. Namun persaingan harus dilakukan secara jujur, sportif atau fair play. Persaingan yang demikian dapat meningkatkan prestasi seseorang atau kelompok di masyarakat.

Fungsi-fungsi Persaingan
  • Sebagai suatu proses social dan membentuk interaksi dalam masyarakat. Menyusun suatu cara pembagian atau distribusi komoditi yang terbatas dalam masyarakat.
  • Dalam persaingan tertentu bisa menuntun pengaturan tingkah laku individu agar lebih baik, melakukan persaingan yang sehat.
  • Persaingan dapat mendorong dan merangsang individu dan grub untuk lebih baik lagi. Bisa mendorong semangat persaingan dalam menigkatkan produksi dan efisiensi kerjanya.

Baca juga : 

Cukup sekian dari echotuts, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima kasih banyak atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.
Previous
Next Post »