Pengertian dan Bentuk-bentuk Konflik (Conflict)

Proses social disasosiatif disebut juga dengan proses oposisi. Proses ini merupakan cara yang bertentangan dengan seseorang atau kelompok untuk mencapai tujuan tersebut. Proses social yang berbentuk disasosiatif dapat dibedakan atas tiga bentuk, yaitu pesaingan (Competition), Kontravesi (Contravension), dan konflik (conflict). Dan kali ini echotuts akan membahas tentang “Pengertian dan Bentuk-bentuk Konflik (Conflict)

Pengertian dan Bentuk-bentuk Konflik (Conflict) - echotuts

Pengertian Konflik
Konflik adalah proses social yang terjadi ketika pihak yang satu berusaha mentingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkan atau membuat tidak berdaya. Konflik muncul karena adanya perbedaan perasaan, budaya, perbedaan kepentingan baik individu maupun kelompok, dan adanya perubahansosial secara cepat yang menimbulkan disorganisasi social. Dalam konflik. Yang berbicara adalah perasaan dan bukan akal sehat.

Baca juga : Pengertian dan Bentuk-bentuk Interaksi Sosial

Bentuk-bentuk konflik
  • Konflik pribadi adalah proses perselisihan antara dua pribadi yang berselisihan karena sesuatu hal. Contoh : kakak beradik berebut harta warisan.
  • Konflik antarkelompok adalah suatu perselisihan antara dua kelompok atau lebih untuk memperebutkan sesuai. Contoh : pertengahan dua organisasi untuk memperebutkan pengelolaan parkir.
  • Konflik rasial adalah pertentangan antara ras. Biasanya terjadi jika ras yang satu merupakan golongan minoritas dan ras yang lain merupakan golongan mayoritas.
  • Konflik antarkelas social adalah perselisihan karena adanya perbedaan kepentingan. Contoh : konflik majikan dan buruh. Majikan ingin memberi gaji kecil, sebaliknya buruh ingin gaji yang besar.
  • Konflik politik adalah perselisihan yang terjadi pada kelompok-kelompok politik yang berbeda pandangan. Contoh : konflik antarpartai politik menjelang pemilu.
  • Konflik international adalah pelisihan yang disebabkan oleh kepentingan hubungan antarnegara. Contoh : konflik antara Negara-negara Barat dan Negara-negara Timur Tengah tentang penyelesaian perang Irak.

Baca juga : 

Cukup sekian dari echotuts, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima kasih banyak atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Wahyu Perwira
AUTHOR
25 August 2015 at 14:58 delete

Untuk mengurangi adanya konflik pun sepertinya masih susah :)

Reply
avatar