Faktor-Faktor Penentuan Harga

Harga merupakan nilai uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan jumlah kombinasi barang beserta pelayanannya. Harga yang ditetapkan perusahaan harus diberikan laba atau minimal dapat menutup seluruh biaya produksi.Waktu itu echotuts telah membahas tentang “Strategi Pemasaran” dan kali ini echotuts akan membahas tentang “Faktor-Faktor Penentuan Harga”. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat harga adalah sebagai berikut.

Faktor-Faktor Penentuan Harga - echotuts

Faktor-Faktor Penentuan Harga
Kondisi Perekonomian
Kondisi perekonomian sangat mempengaruhi tingkat harga yang berlaku. Misalnya pada saat terjadi deflasi. Harga akan mengalami sejumlah penurunan.

Elastisitas Permintaan
Elastisitas permintaan tidak hanya mempengaruhi tingkat harga tetap juga jumlah produk yang dijual. Misalnya pada saat harga turun, maka jumlah permintaan suatu barang akan meningkat.

Biaya
Penetapan harga yang rendah tidak akan menutup biaya produksi. Penetapan harga yang tinggi tidak hanya menutup biaya produksi. Biaya operasi dan biaya nonoperasi, tetapi juga dapat memberikan keuntungan.

Persaingan
Banyaknya produsen yang memproduksi barang sejenis akan mempengaruhi tingkat harga. Pernentuan harga yang terlalu tinggi akan menyebabkan konsumen beralih ke produsen lain, namun jika hanya ada satu produsen dalam satu pasar, maka ia bisa bebas menentukan harga jual produksi.

Pengawasan pemerintah
Pemerintahan melindungi konsumen dari terjadinya harga maksimum, dikriminasi harga. Serta praktik lain yang dapat menuju kea rah monopoli.

Tujuan Perusahaan
Tujuan perusahaan pada umumnya adalah mendapatkan laba yang maksimum untuk perusahaanya.untuk kemajuan perusahaanya.

Penawaran dan permintaan
Permintaan merupakan jumlah barang yang mampu dibeli konsumen pada tingkat harga tertentu. Tingkat harga yang rendah akan mengakibatkan jumlah pemerintahan meningkat. Sedangkan tingkat harganya yang tinggi akan mengakibarkan permintaan menurun.
Penawaran sendiri meupakan jumlah produk yang ditawarkan produsen pada tingkat harga tertentu. Tingkat harga yang tinggi akan mengakibatkan jumlah penawaran tinggi. Sedangkat tingkat harga yang rendah akan mengakibatkan penawaran turun.

Cukup sekian dari echotuts. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima kasih atas kunjungan anda ke echotuts.

Baca juga yang ini :
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments