Variabel Strategi Pemasaran Kewirausahaan

Variabel Strategi Pemasaran Kewirausahaan - echotuts

Setelah echotuts kemarin membahas tentang “Macam-macam dan fungsi Pemasaran” Kali ini echotuts akan membahas tentang “Strategi Pemasaran”, Strategi pemasaran merupakan pola keputusan dalam perusahaan yang menentukan sasaran, maksud atau tujuan guna menghasilkan kebijakan utama dan merencanakan percapaian tujuan serta merinci jangkauan bisnis yang akan dicapai oleh perusahaan strategi pemasaran dipengaruhi oleh beberapa variabel berikut.

Variabel yang dapat dikendalikan
Segmentasi Pasar
Wirausahawan perlu menentukan target pasar/konsumen yang akan mendapatkan pelayanan. Wirausahawan harus mengelompokan konsumen sesuai dengan cirria atau sifatnya. Kelompok konsumen ini dinamakan segmen pasar. Sedangkan proses pengelompokanya dinamakan segmentasi pasar

Timing
Dalam bahasa indonesianya merupakan Waktu pasti sangat erat hubunganya dengan waktu, dengan contoh : kapan waktu yang tepat untuk meluncurkan produk ke pasar.

Market Budget
Besarnya jumlah anggaran belanja pemasaran, tergantung dari barang yang akan dipasarkan, dan disesuaikan pula dengan pengalaman wirausahawan.

Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran atau marketing mix merupakan kombinasi empat inti dari system pemasaran perusahaan, yaitu produk (Product), Struktur harga (Prince), Tempat (Place) dan promosi (Promotion).
Dari variable di atas merupakan variable yang dapat dikendalikan oleh wirausahawan dalam membuat strategi pemasaran. Dan dibawah ini merupakan Variabel yang tidak dapat dikendalikan

Variabel yang tidak dapat dikendalikan
  • Perubahan demografi
  • Sumber daya alam
  • Perkembangan teknologi.
  • Kebijakan politik dan ekonomi pemerintahan
  • Keadaan persaingan

Cukup sekian dari echotuts, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita, Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima kasih atas kunjungan anda ke echotuts.

Baca juga yang ini :
Previous
Next Post »