Sistem Peredaran Darah Manusia dan Fungsi Darah untuk Tubuh

Tahukah anda tubuh kita, yang terbuat dari gumpalan daging dan darah ini, tentu masih membutuhkan oksigen untuk tubuh kita, Oksigen ini berguna untuk membakar zat makanan. Pembakar zat itu sendiri berlangsung pada seluruh sel-sel tubuh kita setiap harinya. Artinya, ada alat transportasi yang menyebabkan oksigen dari paru-paru dan zat makanan dari usus halus sampai ke dalam seluruh sel-sel tubuh kita. Alat transportasi yang membantu kita mengedarkan seluruh makanan dan oksigen ke seluruh tubuh, alat transportasi pada manusia terkoormidinasi dalam suatu sistem yang disebut peredaran darah.disebut Sistem peredaran darah. Sistem peredaran darah manusia adalah berupa darah, Jantung dan Pembuluh darah .

Darah manusia dewasa kurang lebih 5,7 liter yang ada di dalam tubuh. #emang ada di tempat lain gan echotuts? #G sih, semua darah pasti di dalam tubuh gan. Jika kita amati secara sepintas, maka darah tampak seperti cairan kental yang berwarna merah. Akan tetapi jika kita amati lebih seksama, maka kita akan melihat adanya cairan bening pada bagian atas, dan itu disebut dengan Plasma darah. Secara mikroskopis, cairan berwarna merah yang kental pada bagian bawah itu sendiri yakni berupa sel darah merah, sel darah putih dan keping darah.Dan berikut adalah sekema susunan darah manusia, silahkan :

Skema susunan darah manusia sstem peredaran darah manusia - echotuts


Dan berikut adalah gambaran pengamatan jika darah mengendap :

endapan darah plasma darah manusia sstem peredaran darah manusia - echotuts

Jadi intinya adalah Darah merupakan bagian dalam tubuh kita yang amat penting untuk membantu mengedarkan makanan dan oksideg ke seluruh tubuh,pada gambar di atas dengan rart bahwai di dalam darah tidak hanya mempunyai satu warna dan hanya satu yaitu darah berwarna merah, tetapi masih banyak hal yang juga berperan sama penting untuk tubuh kita. 

Update : Fungsi Darah untuk tubuh.

Fungsi darah untuk tubuh peredaran darah manusia biologi - echotuts

Pada artikel-artikel sebelumnya echotuts telah menerangkan tentang bagian-bagian darah, seperti Plasma Darah, Sel Darah Merah (Eritrosit), Sel Darah Putih(Leukosit) dan Keping Darah (Trombosit) mereka bersatu dan bercampur sehingga membentuk yang dinamakan cairan Darah. Dari hal-hal tersebut, mereka semua memiliki fingsi tertentu di dalam tubuh kita secara garis besar, Fan berikut ini adalah Fungsi Utama Darah, Fungsi Darah :

1.   Alat Pengangkut
Ada banyak zat yang perlu diedarkan ke seluruh tubuh ke organ pengeluaran oLeh Plasma Darah. Adapun Zat-zat tersebut adalah sebagai berikut.
  • Sari-sari makanan, Yakni hasil dari proses pencernaan makanan yang deserap oleh usus halus (Ileum), sari makanan tersevut diangkut ke hati oleh plasma darah kemudian baru diedarkan ke seluruh sel tubuh.
  •  Oksigen, Yakni gas pernapasan yang diambil dari paru-paru untuk dibawa ke seluruh jaringan tubuh untuk keperluan oksidasi biologi. Oksidagen diikat oleh hemoglobin yang terdapat di dalam sel darah merah (eritrosit).
  •  Mengankut zat-zat sisa metabolism, yakni berupa :
    • Karbon dioksida (CO2) diambil dari jaringan tubuh dan diangkut ke pari-paru.
    • Urea, diambil dari hati dan diangkut ke ginjal.
  •  Hormon, yakni hasil sekresi dari kelenjar buntu. Senyawa kimia tersebut tidak mempunyai saluran khusus . Untuk sampai ke bagian tubuh tertentu, Hormon memerlukan aliran darah.
  •  Air, yakni cairan utama untuk berbagai proses metabolisme di dalam tubuh.
2.   Menjaga suhu tubuh.
Darah berfungsi menjaga suhu tubuh dengan cara memindahkan panas dari organ tubuh yang aktif ke organ tubuh yang kurang aktif sehingga suhu tubuh tetap stabil, yaitu berkisar antara 36o – 37o C.

3.   Membunuh bibit penyakit
Sel darah putih mempunyai peranan penting sebagai alat pertahanan tubuh karena sel darah putih bersifat fogosit atau memakan bibit penyakit atau zat asing yang yang terdapat di dalam tubuh. Sel darah putih juga dapat membentuk antibodi untuk kekebalan tubuh.

4.   Pembekuan Darah
 Di saat kita terluka, maka keping darah akan berperan penting dalam proses oembekuan darah sehingga darah tidak terus keluar dari dalam permukaan kulit kita.

Cukup sekian dari echotuts, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita, mohon maaf atas kekuranganya dan terimakasih atas kunjungan ke echotuts.
Previous
Next Post »