Pengertian Plasma Darah

Plasma darah merupakan cairan darah berwarna kekuning-kuningan yang di dalamnya terdiri dari 90% air 8% protein, serta 0.9%mineral, Oksigen, enzim dan antigen. Sisanya berisi bahan organik, seperti lemak, kolesterol, urea, asam amino dan glukosa.

Dengan memperhatikan unsur-unsur yang terkandung di dalam plasma darah, dapat diketahui bahwa plasma darah merupakan cairan darah yang berfungsi untuk mengankut dan mengedarkan sari-sari makanan ke seluruh bagian tubuh manusia. Selain mengangkut sari makanan, plasma darah juga mengankut zat sisa metabolisme dari sel-sel tubuh atau dari seluruh jaringan tubuh ke organ pengeluaran.

Di dalam plasma darah terdapat protein terlarut, yakni albumin, globulin, dan fibrinogen. Albumin berfungsi untuk memelihara tekanan osmotic darah. Globulin berfungsi untuk membentuk zat antibody. Fibrinogen merupakan sumber fibrin yang berfungsi dalam proses pembekuan darah.

Apabila plasma darah diambil fibrinogenya, maka akan tersisa suatu cairan berwarna kuning yang disebut serum. Di dalam serum inilah terdapat zat antibody yang membunuh bakteri atau benda asing yang masuk ke dalam tubuh kita.

mungkin saat kalian melihat darah, tidak akan mengetahui perbedaan plasma darah dan sel darah, karena mereka masih bercampur satu sama lain, tetapi jika anda mencoba untuk mengendapkan Darah, di saat itulah anda bisa melihat dengan jelas perbedaan Plasma Darah dan Sel Darah. Berikut adalah gambarnya : 

Pengertian Plasma Darah biologi - echotuts

Cukup sekian, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita, mohon maaf atas kekuranganya dan terima kasih terlah berkunjung ke echotuts.
Previous
Next Post »