Pengendalian Produksi Kewirausahaan

Pengendalian Produksi Kewirausahaan pengusaha - echotuts

Pengendalian produksi merupakan serangkaian prosedur yang bertujuan untuk mengordinasi semua elemen proses produksi (pekerjaan, mesin, peralatan, dan material) kedalam satu aliran. Pengendalian produksi meliputi beberapa tahap, yaitu :

Planing : atau bisa disebut dengan perencanaan, apabila pesanan pembeli atau pesanan untuk persediaan pada perusahaan telah diterima oelh bagian perencanaan produksi, pesanan tersebut dapat dipecah-pecah dalam beberapa bagian. Perlu adanya kartu material yang memuat komponen-komponen jadi atau komponen yang akan diperoses lebih lanjut lagi yang disebut order.

Routing : merupakan usaha untuk menentukan urutan dari proses dan alat yang digunakan dalam proses produksi. Sebelum produksi dimulai, urutan tersebut disusun terlebih dahulu dalam route sheet.

Scheduling : merupakan usaha untuk menentukan waktu kapan produksi akan dimulai dan selsai untuk diserahkan. Scheduling ini harus dibuat sebelum produk dimulai dalam bentuk master schedule yang kemudian dipecah-pecah ke dalam banyak schedule.

Dispatching : dispatching merupakan surat perintah yang berisi wewenang untuk melakukan kegiatan produksi. Surat perintah ini juga dibuat sebelum produksi dimulai dalam bentuk dispatch sheet.


Pada proses produksi terus-menerus, routing ditetapkan terlebih dahulu, kemudian scheduling dan dispatching, sedangkan pada proses produksi terputus-putus, scheduling ditetapkan terlebih dahulu. Kemudian routing dan dispatching. Cukup sekian semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita, mohon maaf atas kekuranganya, dan terima kasih telah berkunjung di echotuts, have a nice day. 
Previous
Next Post »