Macam-macam Interaksi antar Organisme

Macam-macam Interaksi antar Organisme - echotuts

Sebagai makhluk hidup, pasti kita membutuhkan hubungan interaksi antar makhluk hidup, dengan tujuan untuk melindungi dirinya atau bertahan hidup dari lingkunganya. Dan berikut merupakan Macam-Macam interaksi antar organisme :

Netral : Merupakan hubungan antar organisme yang tidak saling mengganggu dalam habitat atau lingkungan yang sama, tidak mengantungkan dan tidak merugikan. Contohnya : adalah sapi dengan capung.

Macam-macam Interaksi antar Organisme - echotutsPredasi : Merupakan bentuk interaksi dua infividu yang salah satunya menjadi penyerang atau memakan organisme atau individu lainya (Predator) Contohnya : harimau dan rusa.

Parasitisme : Hubungan antar organism dimana salah satu individunya tinggal, berlindung dan memperoleh makanan dari individu lainya dan bersifat merugikan. Contohnya kutu rambut dengan manusia.

Saprofot : Organisme yang memperoleh makanan dari organisme yang sudah mati atau membusuk (Dekomposer)

Simbiosis : Simbiosis di bedakan menjadi dua macam yaitu :
Simbiosis mutualisme : hubungan antar organisme yang saling menguntungkan, Contohnya adalah kupu-kupu dengan bunga.

Simbiosis komensalisme : hubungan antar organisme dimana salah satu individu diuntungkan dan individu lainya tidak dirugikan, Contohnya ikan hiu dengan ikan remora.


Cukup sekian, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita, mohon maaf atas kekuranganya, terima kasih telah berkunjung di echotuts, have a nice day.
Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
4 July 2015 at 14:22 delete

thanks infonya sangat bermanfaat gan :-bd

http://irawanlord.blogspot.com

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
4 July 2015 at 15:18 delete

Makasih gan :D. Have a nice day :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
4 July 2015 at 15:18 delete

Terima kasih kembali gan :D
Have a nice day :D

Reply
avatar