Definisi Biologi

Kalian tentu sudah sering mendengar istilah Biologi kan?, di lingkungan atau di bangku sekolahan kalian. Namun tahukah kalian apakah definisi dari biologi itu sendiri ? Biologi sering kali disebut dengan ilmu hayat atau pengetahuan alam, karena biologi merupakan ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang makhluk hidup dan alam, yang  meliputi struktur, fungsi, pertumbuhan, asal-usul, evolusi, serta taksonominya. Kata biologi itu sendiri berasal dari bahasa yunani, Bios yang berarti hidup, dan logos yang berarti ilmu.

Definisi Biologi - echotuts

Sekarang tau kan, biologi memang pelajaran sekolah yang paling mengasyikan, dilihat dari segi materi atau praktikumnya, semua itu dilakukan seolah-olah kita sedang bereksperiment hal baru, siapa di sini yang pernah praktikum tentang biologi ? praktikum biologi sering dilakukan di sekolah-sekolah dan hampir semua sekolah, salah satunya adalah teori, mengamati mencatat dan lain-lain.

Kajian biologi mencangkup bidang akademik yang luas, dan bersentuhan dengan bidang-bidang keilmuan yang lain. Jika didasarkan pada tingkat organisasi kegidupan, ruang lingkup biologi meliputi kajian tentang sel, jaringan , organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem hingga bioma di mana hirarki kehidupan saling berhubungan. Pada tingkat molekul, biologi mempelajari struktur dan cirri molekul yang berperan dalam berbagai reaksi dalam tubuh makhluk hidup, termasuk reaksi penyusunan (anabolisme) dan pembongkaran (katabolisme). Pada tingkat  yang lebing tinggi, jaringan dopelajari struktur dan fungsinya dalam bidang histology. Sedangkan ekologi mempelajadi tentang interaksi individu, baik dengan makhluk hidup lain dalam sebuah populasi yang membentuk suatu ekosistem, maupun dengan lingkunganya yang kita sebut dengan biosfer.

Cukup sekian, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita, mohon maaf atas kekuranganya dan terimakasih atas kunjungan anda .
Previous
Next Post »