Bagaimana Kekuatan Ideologi

Ideologi berasal dari kata Eidos(Yunani) artinya bentuk; Idea (Inggris) artinya gagasan, konsep, pengertian dasar, cita-cita, dan logos artinya ilmu. Ideologi berate ilmu tentang pengertian dasar atau ide. Dalam kamus besar bahasa Indonesia ideologi artinya sekumpulan konsep bersistem; cara berfikir seseorang atau suatu golongan manusia; paham, teori, dan tujuan yang berpadu merupakan
suatu program social politik. Dalam pengertian sehari, idea dipersamakan artinya dengan “cita-cita”. Cita-cita yang dimaksud adalah cita-cita yang bersifat tetap yang harus dicapai sehingga cita-cita itu sekaligus merupakan dasar, pandangan atau paham. Bagaimana dengan Kekuatan Ideologi ?

Bagaimana Kekuatan Ideologi - Echotuts


Menurut Alfian (1991:92), kekuatan ideologi tergantung pada kualitas tiga dimensi yang ada pada Ideologi tersebut, Yaitu :

1).      Dimensi Realita, yaitu bahwa nilai-nilai dasar yang terkandung di dalam ideologi tersebut secara riil hidup di dalam serta bersumber dari budaya dan pengalaman sejarah  masyarakat atau bangsanya.

2).      Dimensi Idealisme,  Yaitu bahwa nilai-nilai dasar Ideologi tersebut mengandung Idealisme  yang member harapan tentang masa depan yang lebih baik melalui pengalaman dalam praktik kehidupan sehari-hari.

3).      Dimensi Fleksibilitas yaitu Ideologi tersebut memiliki keluwesan yang memungkinkan dan merangsang pengembangan pemikiran-pemikiran baru yang relavan dengan Ideologi bersangkutan tanpa menghilangkan atau mengingkari jati diri yang terkandung dalam nilai-nilai dasarnya.

Untuk dapat menjalani fungsinya, suatu Ideologiharus senantiasa hidup, fleksibel, dan tahan uji, dari masa ke masa. Dalam hal ini pancasila memenuhi ketiga dimensi tersebut.

Cukup sekian, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita, mohon maaf atas kekuranganya, Terima Kasih untuk Semuanya.
Previous
Next Post »