Pengertian Ideologi

Ideologi Indonesia adalah Pancasila, “Panca”  yang mempunyai arti “lima” dan “Syila ” dengan vocal I pendek artinya “Batu sendi”, “Alas” atau “Dasar”. Sedangkan syila dengan vocal I panjang artinya “peraturan tingkah laku yang baik” dan taukah kamu apa itu Ideologi ?


Ideologi berasal dari kata Eidos(Yunani) artinya bentuk; Idea (Inggris) artinya gagasan, konsep, pengertian dasar, cita-cita, dan logos artinya ilmu. Ideologi berate ilmu tentang pengertian dasar atau ide. Dalam kamus besar bahasa Indonesia ideologi artinya sekumpulan konsep bersistem; cara berfikir seseorang atau suatu golongan manusia; paham, teori, dan tujuan yang berpadu merupakan suatu program social politik. Dalam pengertian sehari, idea dipersamakan artinya dengan “cita-cita”. Cita-cita yang dimaksud adalah cita-cita yang bersifat tetap yang harus dicapai sehingga cita-cita itu sekaligus merupakan dasar, pandangan atau paham.

Pengertian Ideologi menurut beberapa pakar, Antara lain :

  1. Prof. Notonagoro berpendapat bahwa ideologi dapat ditinjau dari dua pengertian, yaitu dalam arti luas ideologi berarti ilmu pengetahuan mengenai cita-cita Negara, sedangkan dalam arti sempit ideologi ialah cita-cita Negara yang menjadi basis bagi teori dan praktik penyelanggaraan Negara.
  2. Moerdino berpendapat bahwa ideology adalah kompleks pengetahuan dan nilai, yang secara keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang untuk memahami jagat raya dan bumi seisinya serta menentukan  sikap dasar untuk mengelolahnya.
  3. Gunawan Setiardja berpendapat ideology adalah seperangkat ide asasi (dasar) tentang manusia dan seluruh  realitas yang dijadikan pedoman dan cita-cita hidup.
  4. Dr. Alfian berpendapat bahwa ideologi adalah suatu pandangan atau system nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya, yaitu secara moral diangggap benar dan adil, mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai kehidupan.
  5. Menurut A.S. Hornby, Ideologi adalah seperangat gagasan yang membentuk landasan teori ekonomi dan politik yang dipegang oleh seseorang atau sekelompok orang.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa Ideologi mengandung :

1)   Seperangkat gagasan yang disusun secara Sistematis.
2)    Pedoman tentang cara Hidup
3)   Tatanan yang hendak dituju oleh sesuatu kelompok (Kelas, Bangsa, Negara) 
4)   Dipegang teguh oleh kelompok yang memilikinya.

Ciri-Ciri Ideologi Negara

Ideologi Negara memiliki cirri-ciri sebagai berikut:

1).      Mempunyai derajat yang tinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan.
2).      Mewujudkan suatu asas kerohanian pandangan dunia, pandangan hidup yang harus dipelihara, dikembangkan, diamalkan, dilestarikan kepada generasi penerus bangsa, diperjuangkan dan dipertahankan dengan kesediaan berkorban.

Cukup sekian, Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita, mohon maaf atas kekuranganya, Terima Kasih untuk semuanya.
Previous
Next Post »