Pengertian Fungsi dan Bagian-bagian Membran Plasma

Pengertian Fungsi dan Bagian-bagian Membran Plasma - echotuts

Selaput atau Membran Plasma terletak di lapisan paling luar sel dan membungkus suatu massa, yaitu protoplasma. Susunan membran plasma bisa diamati dalam model mosaik cair. Berdasarkan model tersebut, membran plasma tersusun atas senyawa kimia lipoprotein, yaitu gabungan dari senyawa lemak atau lipid dengan senyawa protein. Lipoprotein ini tersusun atas tiga lapisan, yang jika dilihat dari luar ke dalam memiliki urutan yaitu protein – lipid (lemak) – protein trilaminer layer.

Molekul-molekul penyusunan membran plasma membentuk fosfolipid rangkap (fosfolipid bilayer). Pada lapisan fosfolipid ini terdapat protein-protein membran, yaitu integral yang terbenam, dan protein periferi yang menempel. Fosfolipid memiliki bagian kepala (fosfat) dan ekor (asam lemak) yang memiliki perbedaan sifat. Lemak bersifat hidrofobik (tidak larut dalam air) sedangkan gugus fosfat bersifat hidrofilik (larut dalam air). Pada membran plasma. Lapisan ekor fosfolipid akan berada di sebelah dalam, sedangkan lapisan kepala berada di sebelah luar.

Bagian-bagian Membran Plasma dan Penjelasanya - echotuts

Perbedaan sifat penyusun fosfolipid menyebbkan membran plasma bersifat selektif permeabel atau semi permeabel (teori Overton). Membran yang selektif permeabel berarti membran itu hanya dapat dilewati molekul-molekul tertentu saja. Oleh karena itu, salah satu fungsi membran plasma ini adalah menyelenggarakan transportasi zat antara sel dan lingkunganya.

  • Transpor Pasif adalah oerpindahan zat melalui membran plasma yang tidak memerluka energi
  • Transpor Aktif adalah perpindahan molekul melawan gradien konsentrasi , yaitu dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi sehingga memerlukan energi dalam prosesnya.

Cukup sekian dari echotuts semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.
Previous
Next Post »