Periode-Periode Perkembangan Gerakan Nasional Indonesia

Perjalanan nasionalisme di Indonesia mengalami kemajuan dengan berdirinya organisasi boedi Oetomo tahun 1908. Setelah itu, banyak berdiri organisasi dan geakan social politik yang mengusahakan perbaikan atas keterpurukan dan keterbelakangan rakyat Indonesia. Dan kali ini echotuts akan membahas mengenai “Periode-periode Perkembangan Awal Gerakan Nasional Indonesia”.

Penerimaan Bendera - Periode-Periode Perkembangan Gerakan Nasional Indonesia

Periode Perkembangan Gerakan Indonesia
  • Periode awal adalah tahap Pergerakan nasional Indonesia baru bergerak dalam bidang nasional dan budaya. Organisasi dan pergerakan yang mengemuka adalah Boedi Oetomo, Sarekat Dagang Islam dan Muhammadiyah.
  • Periode Nasionalisme Politik adalah tahap Pergerakan nasional Indonesia sudah masuk ke bidang politik. Beberapa organisasi dan pergerakan yang muncul adalah indische partij dan gerakan kepemudaan.
  • Periode nasionalisme Radikal adalah tahap pergerakan nasional Indonesia secara jelas mencantumkan tujuan untuk mencapai kemerdekaan perlawanan terhadap penjajah belanda pun dilakukan demi kemerdekaan. Beberapa organisasi pergerakan kebangsaan yang berdiri adalah perhimpunan Indonesia, partai komunis Indonesia (PKI) dan Partai Nasional Indonesia (PNI).
  • Periode Nasionalisme Bertahan adalah tahap Gerakan kebangsaan sudah lebih moderat dan memakai stategi dengan penih pertimbangan. Periode ini ditandai dengan sikap penjajahan yang semakin reaktif. Gerakan kebangsaan memilih strategi bertahan sambil menunggu kesempatan untuk dapat merealisasikan tujuanya. Contoh organanisasi yang terkenal adalah Partai Indonesia Raya (Parindra), Gabungan Politik Indonesia (GAPI), Gerakan Rakyat Indonesia (Gerindo) dan Fraksi Nasional.

Baca juga : Paham-paham Dasar Pergerakan Nasional

Cukup sekian dari echotuts, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita. Mohon maaf atas kekuranganya dan terima Kasih atas dukungan dan kunjungan anda ke echotuts. Have a nice day.
Previous
Next Post »