Pengertian dan Jenis-jenis Kebutuhan

Pengertian dan Jenis-jenis Kebutuhan - echotuts

Pengertian Kebutuhan (Needs)
Kebutuhan atau Needs adalah segala sesuatu yang diperlukan manusia secara naruliah untuk memenuhi kebutuhan untuk bertahan hidup atau untuk kemakmuran. Kebutuhan manusia sebenarnya terbatas, namun keinginan (wants) manusia yang tidak terbatas seolah-olah menjadikan kebutuhan manusia menjadi tidak terbatas. Keinginan manusia yang tidak terbatas ini terjadi karena sikap manusia yang terlalu merasa kurang. Kenyataan menunjukan bahwa jika suatu keinginan sudah terpenuhi, maka keinginan lainya akan muncul. Untk sementara waktu, orang tadi mungkin sudah merasa senang memiliki rumah beserta semua isinya. Akan tetapi, dia masih ingin memiliki mobil, vila di Puncak, atau flat di singapura. Jika didaftar, masih ada sederet lagi jenis kebutuhan manusia yang harus dipenuhi.Secara garis besar, kebutuhan manusia dikelompokan berdasarkan tingkat intensitas, sifat, subjek dan waktu kebutuhan.

Baca juga : Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan

Jenis-Jenis Kebutuhan 
Jenis Kebutuhan Menurut Tingkat Intensitas adalah suatu kelompok barang/jasa yang dianggap paling penting dalam mempertahankan keberlangsungan kehidupan kita sebagai makhluk hidup.
  • Kebutuhan Primer adalah jenis kebutuhan yang harus dipenuhi agar manusia dapat mempertahankan hidupnya. Agar dapat hidup, manusia harus makan, minum dan berpakaian. Selain itu, manusia memerlukan tempat tinggal atau rumah. Kebutuhan primer sering disebut juga sebagai kebutuhan alamiah.
  • Kebutuhan Sekunder setelah manysia dapat memenuhi kebutuhan primernya. Manusia juga masih memerlukan kebutuhan lainya yang bersifat perlengkap dan sering disebut sebagai kebutuhan sekunder. Misalnya, manusia persu sepeda, kipas angin, meja kursi, kulkas dan peralatan lainya yang berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan.
  • Kebutuhan Tersier. Pada umumnya seorang masih merasa belum cukup meskipun dia telah dapat memenuhi kebutuhan primer dan sekundernya. Dia masih memerlukan hal-hal yang lain yang tingkatanya lebih tinggi. Dia masih memiliki keinginan untuk memiliki mobil, piano, kapal pesiar, serta kebutuhan mewah lainya. Karena pemakaian barang-barang mewah dapat menaikan status social seseorang.

Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Jenis Kebutuhan Menurut Tingkat Intensitas

Jenis Kebutuhan Menururt Sifat adalah suatu jenis kebutuhan menurut sifat dibagi atas dasar sasaran dari alat pemuas kebutuhan yang digunakan.
  • Kebutuhan Jasmani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan jasmani. Kebutuhan jasmani antara lain pakaian, makanan dan minuman.
  • Kebutuhan Rohani adalah kebutuhan yang bersifat kejiwaan. Misalnya, agar terhindar dari kebosanan rutinitas sekolah, kita perlu menghibur diri dengan mendengarkan music atau menonton film. Sebagai makhluk beragama, kita pun ingin menjalankan ibadah dengan baik.

Baca juga : Faktor Kelangkaan Ketersediaan barang dan Jasa

Jenis Kebutuhan Menurut Subjek Yang Membutuhkan adalah kebutuhan yang dubutuhkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan atau keinginanya berdasarkan subjek yang dibutuhkan dan selain itu kebutuhan setiap orang berbeda-beda. kebutuhan ini dibedakan menjadi Kebutuhan individual dan Kebutuhan umum.
  • Kebutuhan Individual menunjuk pada kebutuhan tiap-tiap orang yang berbeda-beda. Petani membutuhkan cangkul dan pupuk. Sedangkan guru membutuhkan buku pelajaran dan kapur tulis.
  • Kebutuhan Umum berhubungan dengan penggunaan barang dan jasa oleh banyak orang. Sebagai contoh, jembatan penyebrangan digunakan oleh semua orang yang akan menyebrangi jalan.

Baca juga : Pengertian Ciri-ciri dan Tujuan Konsumsi

Jenis Kebutuhan Menururt Waktu adalah jenis kebutuhan yang berdasarkan oleh waktu pemenuhan. Setiap kebutuhan orang bisa saja ditentukan oleh waktu mereka membutuhkan barang/jasa untuk keperluan / keinginan memenuhi kebutuhanya. Dan kebutuhan menururt waktu bisa dibedakan menjadi Kebutuhan sekarang dan Kebutuhan untuk yang akan datang.
  • Kebutuhan Sekarang adalah kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi saat ini. Misalnya, orang yang sakit harus segera berobat afar sembuh. Orang yang lapar harus segera makan. Orang yang haus segera minum.
  • Kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan yang sifatnya tidak mendesak dan dapat ditunda sampai dengan waktu yang telah ditentukan. Kebutuhan ini berhubungan dengan persediaan atau persiapan untuk waktu yang akan datang. Misalnya, orang tua menabung untuk persiapan uang sekolah anaknya atau untuk berekreasi bersama keluarga.

Cukup sekian dari echotuts. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas kekuranganya dan Terima kasih banyak atas kunjungan dan dukungan anda ke echotuts, Have a nice day.
Previous
Next Post »